All for Joomla All for Webmasters

Cara Mengajar Anak Agar Bisa Cepat Membaca

cara-mengajari-anak-membaca.jpg

cara mengajari anak membaca

Cara mengajar anak agar cepat membaca memang tidak mudah, sehingga memerlukan strategi dan media khusus. Membaca merupakan salah satu kemampuan berbahasa, kemampuan yang lain adalah berbicara, menyimak dan menulis. Membaca pada anak usia dini dapat diajarkan sejak kecil. Cepatnya kemampuan membaca pada anak dipengaruhi oleh banyak sebab, diantara cara mengajarkannya yang kurang efektif atau memang dari anaknya sendiri yang kemampuannya kurang.

Ada beberapa hal penting yang perlu Cara Mengajar Anak Agar Bisa Cepat Membaca dilakukan supaya tujuan mengajari anak membaca bisa dilakukan dengan cepat serta dengan hasil yang maksimal.

Diantara cara mengajar anak agar bisa cepat membaca, adalah :
Selalu ciptakan suasana gembira bersama anak anda. Ciptakan suasana hati anak agar senang dan merasa nyaman menerima pelajaran membaca dari Anda. Metode ini adalah cara konstruktif dan tidak membuat anak anda merasa bosan untuk belajar.
Ciptakan pendekatan dengan cara yang menyenangkan sebelum ajari anak membaca. Cara ini adalah yang utama agar anak anda bisa cepat membaca.
Dalam kondisi apapun, Jangan memaksa anak anda. Berikan stimulus atau rangsangan agar anak mau cepat bisa membaca.
Ajari anak anda kata-kata terlebih dahulu sebelum mengajarkan alfabet karena kata-kata lebih cepat diserap oleh mereka.
Ketika sedang mengajar anak membaca, Hindari suasana tegang.
Lakukanlah tes secara berkala, namun jangan terlalu sering.
Jika anda mendapati bahwa metode mengajar membaca yang anda lakukan terasa tidak efektif, ciptakan cara baru mengajar membaca yang lebih ampuh.

Cara Mengajar Anak Agar Bisa Cepat Membaca

Jika di ajari dengan semestinya, anak akan merasa senang untuk belajar. Ini adalah metode utama dari cara cepat membaca bagi anak. Selalu sempatkan waktu untuk ajari anak membaca, daripada tidak sama sekali.

Karena unsur utama dari sebuah bahasa adalah kata, dan bukan huruf. Anda sebaiknya ajari anak anda kata-kata terlebih dahulu, lalu ajari mereka huruf.

Bentuk dari huruf adalah abstrak, sedangkan bentuk kata itu adalah nyata. Cara mengajar anak akan terasa lebih mudah pada hal-hal yang nyata (konkrit). Mengajar hal-hal yang sifatnya abstrak akan membuat anak berpikir terlalu dalam, terhadap setiap hal apapun yang Anda ajarkan.

Cara mudah dan sederhana ajari anak agar bisa cepat membaca adalah melalui pengenalan kata. Metode belajar ini seperti permainan, karena usia kanak-kanak memang suka bermain.

Yang perlu anda lakukan adalah membuat potongan kertas seperti kartu yang terbuat dari karton. 1 kartu adalah untuk 1 kata yang akan dijadikan bahan pelajaran membaca. Buatlah kartu sebanyak kata yang akan dijadikan materi pelajaran membaca anak anda.
Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk cara cepat membaca
Langkah I

kumpulkan 5 kartu untuk kategori 1 : anggota keluarga (ayah, ibu, bibi, kakek, nenek)
kumpulkan 5 kartu untuk kategori 2 : nama hewan (komodo, ayam, kuda, gajah, ikan)
kumpulkan 5 kartu untuk kategori 3 : nama buah (jambu, jeruk, apel, melon, pepaya)
Susunlah kategori 3 pada posisi paling bawah, kategori 2 pada posisi tengah dan kategori 1 pada posisi paling atas.
cara ajari anak cepat membaca
Langkah II
Ambil satu kartu yang paling atas dari tumpukan karton pertama di kategori 1, bacakan dan ajak anak menirukannya. pada tahap ini tak perlu menjelaskan artinya dari kata yang dibaca oleh anak anda.
Secepat mungkin setelah itu, Ambil kartu yang paling bawah dari kategori 3, Lakukan seperti yang pertama.
Perhatikan wajah anak ketika menyebutkan kata, Amati kata yang disukainya dan yang tidak disukai. Pilihlah dan ajari kata-kata yang disukai anak terlebih dahulu, kemudian kata-kata yang lainnya.
Jangan minta anak mengulang kata-kata yang telah kita bacakan tadi.
Setelah membaca 5 kata, stop dulu pelajaran ini. Puji anak Anda dengan menunjukkan bahwa Anda bangga atas apa yang dilakukannya hari ini.
Catatan
Hari pertama pelajaran, lakukan untuk kategori 1 sebanyak 3x.
Hari ke-2 lakukan kategori 1 = 3x, kategori 2 = 3x
Hari ke-3 kategori 1 = 3x, kategori 2 = 3x, dan kategori 3 = 3x
Hari ke-4 sampai dengan ke-6 sama seperti hari ke-3
Setiap kata dibaca maksimal 25 kali. Setelah sebanyak itu, kata harus diganti. Caranya, setelah hari ke-6 ambil 1 kata dari setiap kategori dan gantilah dengan sebuah kata yang baru.

Setiap 1 kategori yang Anda bacakan selesai, segeralah disusun acak. Hal ini agar anak tidak bisa menebak urutan kata.

Jangan mengulang-ulang kata yang sudah Anda bacakan, sehingga anda tidak salah menandai (dengan pensil) tiap kata yang sudah Anda bacakan. Tanda ini juga bisa dijadikan patokan untuk mengetahui sudah berapa kali kata ini anda bacakan.

Kiat lain agar dalam mengajari anak membaca

Bagaimana cara mengajar anak agar bisa cepat membaca ?


Ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan supaya tujuan mengajari anak membaca bisa dilakukan dengan cepat serta dengan hasil yang maksimal. 

Diantara cara mengajar anak agar bisa cepat membaca, adalah :

  • Selalu ciptakan suasana gembira bersama anak anda. Ciptakan suasana hati anak agar senang dan merasa nyaman menerima pelajaran membaca dari Anda. Metode ini adalah cara konstruktif dan tidak membuat anak anda merasa bosan untuk belajar.
  • Ciptakan pendekatan dengan cara yang menyenangkan sebelum ajari anak membaca. Cara ini adalah yang utama agar anak anda bisa cepat membaca.
  • Dalam kondisi apapun, Jangan memaksa anak anda. Berikan stimulus atau rangsangan agar anak mau cepat bisa membaca.
  • Ajari anak anda kata-kata terlebih dahulu sebelum mengajarkan alfabet karena kata-kata lebih cepat diserap oleh mereka.
  • Ketika sedang mengajar anak membaca, Hindari suasana tegang.
  • Lakukanlah tes secara berkala, namun jangan terlalu sering.
  • Jika anda mendapati bahwa metode mengajar membaca yang anda lakukan terasa tidak efektif, ciptakan cara baru mengajar membaca yang lebih ampuh.

Demikian tips Cara Mengajar Anak Agar Bisa Cepat Membaca kami rangkumkan dari berbagai seumber semoga bisa menjadikan anda dalam mengajari anak membaca bisa berhasil dan cepat bisa membaca. Apabila cara ini kurang efektif menurut anda, anda bisa memodifikasinya sesuai dengan kebutukan dan gaya mengajar anda.

Rating:

Incoming search terms:

  • cara mengajar anak membaca dan menulis
  • cara cepat belajar membaca dan menulis
  • cara mengajar anak membaca yang efektif
  • cara mengajari anak membaca dan menulis
  • agar anak cepat membaca dan menulis
  • cara cepat mengajar anak membaca dan menulis
  • cara mengajari anak belajar membaca dan menulis
  • belajar membaca dan menulis
  • cara mudah belajar membaca dan menulis
  • cara mudah mengajar anak membaca dan menulis

About bajuana

Mengajar adalah profesi yang mulia dan menyenangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3 × = six

Top
Penting untuk tahu:close