Menu

4 Langkah Membicarakan Virus Corona kepada si Kecil

Pembaca guru.or.id, mungkin beberapa orang tua bingung bagaimana menjelaskan dan menjawab pertanyaan tentang Covid-19 kepada si kecil. Mari kita simak ulasan di bawah ini.

Langkah-langkah Membicarakan Virus Corona kepada si Kecil

Guru.or.id—Virus Corona merupakan hal yang sudah umum dibicarakan oleh masyarakat. Media sosial pun gencar dalam memberikan informasi terbaru terkait perkembangan Covid-19 ini. Peran orang tua sangatlah diperlukan dalam situasi terkini, mendampingi anak belajar dan tak lupa untuk memperhatikan psikolog anak-anak. Kita tahu bahwa, wabah korona yang semakin meluas membuat masyarakat panik.

Kenapa banyak orang memakai masker dan membeli handsanitizer melebihi dari biasanya, serta makanan instan yang tersedia banyak di lemari kulkas. Akses warga yang mulai dibatasi sampai dengan sistem pembelajaran secara online yang membuat anak harus belajar di rumah.

Lalu, bagaimana ketika si kecil bertanya mengenai virus corona? Hal tersebut menimbulkan berbagai macam bentuk pertanyaan. Pertanyaan si kecil yang lebih mendasar dan kritis harus dijawab sesederhana mungkin agar mereka paham. Anak-anak barangkali sudah tahu atau pernah mendengar Covid-19 dari berita atau hanya mendengar dari orang-orang sekitar. Tetapi, alangkah baiknya jika orang tua menanyakan langsung kepada si buah hati.

Memberikan rasa aman kepada anak adalah kewajiban orang tua. Berikut ini beberapa cara yang bisa orang tua berikan untuk menjelaskan kepada si kecil terkait dengan Virus Corona atau Covid-19:

  1. Perhatikan Usia Anak

Ketika Anda memberi informasi terkait virus corona, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan usia buah hati. Berikan informasi secukup dan sewajarnya kepada anak-anak. Anda bisa mengira apa yang perlu disampaikan dan disimpan. Jangan sampai memberi informasi berlebihan yang membuat anak Anda merasa takut dan khawatir.

Lakukan komunikasi interaktif dengan cara memberi ruang kepada anak untuk bertanya lalu Anda bisa menjawab dengan jujur sesuai dengan kadar penerimaan si kecil

Tugas para orang tua adalah memberi penjelasan yang baik, bukan memberi rasa panik!

 

  1. Cari Tahu Apa yang Anak Sudah Ketahui

Berkomunikasi kepada anak-anak tentu berbeda ketika para pembaca guru.or.id berkomunikasi dengan anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) ataupun Sekolah Menengah Atas (SMA). Tentu gaya bahasa yang digunakan jelaslah berbeda. Anda harus memilih bahasa yang mudah dipahami sesuai dengan tingkat usia mereka.

Ketika Anda mencari tahu apa yang anak (si kecil) terkait dengan virus corona, pastikan ia memahami apa yang Anda sampaikan. Cari tahu melalui pertanyaan-pertanyaan sederhana, seperti, “Pernahkah kamu mendengar orang dewasa berbicara tentang penyakit terbaru?’ Anda bisa menanyakan hal-hal mendasar kepada buah hati Anda dengan tenang.

 

  1. Jelaskan dengan Jujur dan Mudah Dipahami

Berikan informasi dengan menjelaskan virus corona tanpa melebihi batas apa yang ditanyakan si anak.  Para pembaca guru.or.id tidak perlu menyinggung suatu topik yang tidak pernah anak alami. Ketika anak bertanya, tetapi Anda tidak mengetahui dan tidak tahu jawabannya, jawablah dengan jujur bahwa Anda tidak tahu jawabannya.

Selanjutnya, Anda bisa mengajak si buah hati untuk mencari jawaban bersama-sama melalui halaman resmi seperti WHO (World Health Organization), CDC (Centers for Disease Control and Prevention), atau di halaman resmi dari pemerintah terkait dengan Covid-19. Di media tersebut anak bisa lebih dalam mengetahui informasinya melalui video yang mudah dipahami oleh anak.

 

  1. Berkomunikasi dengan Santai, Tenang, dan Meyakinkan

Saat membicarakan hal yang ‘asing’ bagi anak, maka gunakanlah intonasi suara yang tenang tetapi meyakinkan. Ajak bicara dengan suasana yang santai sehingga membuat anak merasa nyaman—tanpa ketegangan.

Berdiskusi dengan anak-anak dengan cara yang mudah dipahami dan bisa meningkatkan pengetahuan anak. Beri panduan anak yang baik. Jangan sampai anak-anak mendapat informasi dari berita yang tidak ketahui secara pasti. Arahkan mereka ke konten atau media yang sesuai dengan usia mereka. Sehingga anak-anak tidak merasa ketakutan atas berita di media.

Demikian langkah-langkah yang dapat pembaca guru.or.id lakukan tentang virus corona kepada anak-anak. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pembaca semuanya.

 

Beri penjelasan yang baik, bukan memberikan rasa panik!

No comments

Leave a Reply


9 × = fifty four

Mainan Edukatif