Menu

7 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Tetap Produktif walaupun sedang Melakukan Social Distancing

 Produktif walaupun sedang Melakukan Social Distancing

Guru.or.id—Virus Korona yang semakin menyebar di wilayah Indonesia, membuat pemerintah bertindak lebih tegas. Beberapa kebijakan baru terkait dengan virus korona dikeluarkan oleh pemerintah, seperti social distancing.  Social distancing artinya pembatasan sosial. Artinya, masyarakat diminta untuk menjaga jarak dengan keramaian orang atau tempat, menjauhi perkumpulan, dan mengindari pertemuan. Untuk sementara waktu, masyarakat dihimbau untuk mengurangi aktivitas yang berada di luar rumah kecuali adanya hal yang mendesak. Tujuan social distancing ialah untuk mengurangi jumlah peningkatan penyebaran virus korona.

Tetap patuh, sementara menjauh.

Pembaca guru.or.id, saat ini kita tahu dengan adanya WFH (Work From Home) yakni segala aktivitas pekerjaan dan pembelajaran dilakukan di rumah secara online. Hal ini, juga termasuk upaya pemerintah dalam mengurangi tingkat penyebaran corona virus. Demi kebaikan bersama, maka diperlukan pencegahan secara massif yang ikut menyertakan segala pihak didalamnya.

Tidak heran jika masyarakat mulai bosan dengan tidak adanya aktivitas di luar rumah. Misalnya, yang biasanya berdiskusi santai di warung kopi berubah menjadi diskusi online. Biasanya mengikuti seminar atau kajian yang dapat langsung bertatap muka dengan pemateri berubah menjadi live streaming. Yang biasanya materi pelajaran dijelaskan secara langsung oleh guru berubah menjadi tugas di rumah lalu difoto dikirim ke wali kelas. How bored these are? Betapa membosankan aktivitas-aktivitas tersebut. Kegiatan monoton tanpa adanya hiburan tentu membuat para pembaca guru.or.id bosan, apalagi anak-anak yang mempunyai keingingan untuk bisa bermain bersama teman di luar rumah.

Nah, terus hal-hal apa saja yang bisa dilakukan agar tetap produktif walaupun dalam social distancing. Rutinitas monoton mari kita ubah menjadi kegiatan yang produktif. Dibawah ini beberapa hal yang bisa pembaca guru.or.id lakukan diantara social distancing simak ulasannya:

  1. Membuat Minuman Herbal
membuat-minuman-herbal

lyfestyle dot okezone dot com

Adanya virus korona yang semakin menyebar, masyarakat diminta untuk menjauh dari keramaian. Selain itu, kini masyarakat juga semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Berbondong-bondong orang-orang membeli masker, handsanitizer, atau segala bentuk barang untuk menjaga diri dari virus. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa jumlah ketersediaan barang tidak seimbang dengan permintaan masyarakat.

Nah, untuk itu ada alternative lain dalam menjaga kesehatan atau meningkatkan daya tahan tubuh kita, yakni dengan membuat minuman herbal dari empon-empon. Empon-empon sendiri ialah tanaman obat alami yang biasanya digunakan masyarakat sebagai obat herbal. Minuman herbal dipercaya sebagai salah satu minuman yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dari virus. Anda bisa memanfaatkan jahe, temulawak, serai, kunyit, gula aren hingga bisa ditambahkan jryk lemon dan madu untuk membuatnya.

 

  1. Membuat Resep Makanan Baru
memasak

sahabatnestle dot co id

Bagi pembaca yang waktunya tersimpan banyak dalam melakukan pekerjaan, saat ini waktunya untuk menyibukkan diri di dapur. Karena bosan dengan menu makan yang itu-itu saja ditambah dengan aktivitas di rumah yang membosankan, Anda bisa membuat resep makanan baru. Teknologi sudah modern, dengan mudah bisa melihat tutorial memasak ala chef dari menu sederhana sampai yang rumit. Let’s try!

Khususnya, bagi Anda yang hobi memasak, ini kesempatan untuk mengeksplore kemampuan untuk mencoba hal baru dalam membuat makanan. Resep makanan baru untuk keluarga di rumah. Selamat mencoba!

 

  1. Berolahraga

Walaupun di rumah Anda harus tetap produktif, tetap menjaga kesehatan. Banyak orang berdalih tidak ada waktu untuk berolahraga karena bekerja. Nah, saat ini waktunya untuk berolahraga walaupun di rumah. Anda bisa melakukan olahraga ringan sampai yang berat.

olahrag

cnnindonesia dot com

Banyak sekali macam-macam olahraga yang dapat pembaca guru.or.id lakukan walaupun tidak bisa melakukan banyak aktivitas diluar rumah. Stay health, stay productive!

 

  1. Decluttering atau Merapikan Kamar

Melihat susunan kamar yang tidak rapi membuat pemandangan tidak enak dilihat oleh mata. Hal ini, mendorong kita untuk segera membereskan dan merapikan agar tetap nyaman berada di kamar dalam situasi seperti ini (social distancing). Untuk menjadikan kamar sebagai tempat ternyaman, Anda harus mempunyai ide hal apa yang harus ditambah dan dikurangi dalam merapikan susunan barang-barang di kamar.

merapikan-kamar

alimustikasari dot com

Jika ada barang-barang yang tidak penting, Anda bisa memilah dan memilih barang-barang tersebut diletakkan dalam box. Untuk membuat kamar semakin nyaman, hal ini tergantung keinginan pembaca semunya untuk merubah isi kamar. Keep comfort, keep tidying!

 

  1. Menonton Film atau Serial Favorit

Anda bosan? Mari lupakan kebosanan sejenak dengan menonton film atau serial favoritmu. Hal ini, sepertinya akan menjadi kegiatan menyenangkan bagi para pembaca untuk mengurangi tingkat kebosanan yang sudah hampir memuncak hahaha.

menonton-film

guideakumaru dot blogspot dot com

Coba tonton film atau bisa menamatkan drama serial yang tersimpan rapi di laptop. Anda bisa mencari film atau drama serial terbaru di halaman yang menyediakan berbagai macam film atau drama yang menjadi favorit Anda. Bagi Anda yang menyukai drama korea, hmmmm di tahun ini ada banyak stok film terbaru lhoo! Selamat menonton dan mencari, yaa J

 

  1. Meningkatkan Keahlian Make Up

Kegiatan ini khusus unuk para ladies! Menjadi seorang perempuan tentu ingin selalu tampil cantik dan menarik, apalagi bagi para pembaca yang sudah berkeluarga. Betul tidak?? Bagi Anda yang belum berkeluarga, jangan sampai ketinggalan dalam mengeksplore diri dalam mencoba dan meningkatkan keahliah make up.

gogobli dot com

Platform Youtube, Instagram telah menyediakan banyak tutorial make up yang bervariasi; bagaimana cara membuat alis agar Nampak natural atau make up agar terlihat glowing atau make up natural tapi tetap menawan telah tersedia lengkap di internet.

Beauty inside, beauty outside!

 

  1. Membaca Buku

Books, is the source of knowledge. Buku adalah sumber dari pengetahuan. Di waktu Anda yang mulai membosankan, Anda bisa menambah pengetahuan melalui buku-buku kesukaan Anda. Bagaimana tidak? Jika biasanya para pembaca guru.or.id diminta untuk membuat jurnal, media pembelajaran atau hal yang relate dengan pekerjaan Anda, tidak lain pasti Anda membaca buku atau ­e-book yang berkaitan dengan materi tersebut. Saat ini, waktunya untuk melakukan hal yang menyenangkan untuk diri Anda, ah ya anggap saja hadiah.

membaca-buku

liputan6 dot com

Anda bisa membaca novel, komik, majalah, fiqih, tafsir, dan buku-buku yang membuat Anda merasa lebih baik meskipun tidak bisa berinteraksi dengan lingkungan luar.

Demikian kegiatan yang bisa Anda lakukan agar tetap produktif walaupun sedang dalam social distancing. Selamat menjalani aktivitas dirumah, tetap sehat tetap produktif. Jangan lupa dibagikan kepada teman guru yang lain.

Tetap patuh, sementara menjauh.

 

 

No comments

Leave a Reply


6 − = five

Mainan Edukatif