Home Akhir Pekan Cara Mudah Menabung yang Baik Bagi Guru Honorer

Cara Mudah Menabung yang Baik Bagi Guru Honorer

Bagi guru honorer, Menabung adalah aktivitas yang bisa dikatakan gampang-gampang susah, Cara Mudah Menabung yang Baik Bagi Guru Honorer. Anda atau Sebagian orang akan berpikir bahwa menabung hanya akan dilakukan oleh mereka yang mempunyai uang lebih, dan hal yang sulit guru honorer bisa nabung. Tapi setiap orang bisa menabung termasuk seorang guru honorer. Terdapat beberapa tips cara mudah menabung yang baik untuk Anda yang menjadi guru honorer.

Semua Orang Bisa Menabung, termasuk guru honorer

Banyak orang diluar sana yang bekerja menjadi bagian dari pegawai honorer, termasuk guru honorer. Seperti yang Anda ketahui guru honorer memiliki gaji yang tidak terlalu banyak atau bisa dibilang pas-pasan. Lantas apakah mungkin mereka tidak bisa menyisihkan uang untuk ditabung? tentu bisa. Sebab menabung bukan diperuntukkan pada golongan ekonomi tertentu dan tidak hanya dilakukan dengan uang yang banyak. Maka dari itu simak cara mudah menabung yang baik bagi pegawai honorer dan lain sebagainya.

Sudah disinggung di awal, semua orang pasti bisa menabung tidak terkecuali mereka yang hanya memiliki gaji pas-pasan. Tapi jika diantara Anda masih ragu dan bingung bagaimana caranya memulai menabung. Maka dari itu Anda mungkin bisa menerapkan beberapa tips cara menabung yang baik berikut ini.

Menentukan tanggal menabung

Pertama harus Anda lakukan sebagai cara mudah menabung yang baik untuk pegawai honorer maupun tenaga kontrak yang mungkin tidak memiliki gaji banyak, maka pastikan Anda menentukan tanggal untuk melakukan aktivitas menabung secara rutin.

Misal pada tanggal-tanggal awal bulan atau pertengahan bulan. Adanya Penentuan tanggal ini berfungsi sebagai acuan Anda menyisihkan uang dan menabungnya di waktu tertentu. Tapi lebih disarankan untuk menabung di awal bulan karena pada saat itu pasti Anda masih memegang gaji dengan jumlah utuh, sehingga tidak ada ragu untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabungkan.

Menentukan nominal untuk menabung

Prinsip Menabung bukan ajang lomba banyak nominal, kegiatan menabung tergantung individu masing-masing. Untuk Anda yang memiliki gaji pas-pas an tidak harus menabung dengan nominal yang banyak. Pastikan Anda menabung sesuai kemampuan selain itu juga pastikan telah mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari anda.

COntoh : Anda mendapatkan gaji bulanan sebesar 1 juta rupiah maka Anda bisa menyisihkan 50 ribu atau 100 ribu untuk menabung dan sisanya bisa untuk kebutuhan membayar listrik dan lain-lain yang sifatnya urgent. Kemudian, anda juga tidak usah minder jika harus menabung dengan nominal sangat kecil. karena hakikat menabung sebenarnya bukan terletak dari banyaknya yang Anda tabung tetapi dari konsisten menabung yang Anda bangun.

Rumusnya Lebih baik sedikit tetapi konsisten seperti pepatah sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit daripada menabung 500 ribu namun hanya dilakukan pada waktu tidak tertentu misal 6 bulan. Dengan Menabung sedikit tetapi rutin akan mudah untuk dilakukan dan sebaliknya jika Anda menabung dengan jumlah yang besar pasti akan merasa lebih berat.

Manfaatkan Fasilitas yang ada di Bank

Hari ini bank telah menjadi tempat paling terpercaya untuk menabung dan menyimpan uang hampir pada semua orang, tidak terkecuali anak-anak hingga orang dewasa. Opsi yang bisa Anda manfaatkan adalah fasilitas autodebit, jadi setelah gaji masuk ke rekening maka secara otomatis akan terpotong dan itu potongan itu bisa Anda jadikan layaknya menabung secara otomatis. Dengan semacam ini Anda tidak ada alasan lagi untuk tidak menabung atau melewatkan waktu karena uang akan masuk pada tabungan dengan terjadwal sistem pada bank tersebut.

Membuat pos-pos kemana uang akan digunakan

Tak kalah penting juga yang bisa membantu Anda dalam cara mudah menabung yang baik untuk pegawai honorer dan pegawai kontrak lainnya adalah memastikan menentukan pos penggunaan uang secara rinci. Jadi Anda bisa mengontrol kemana saja uang yang ada, digunakan untuk hal apa saja, bahkan waktu penggunaannya juga bisa tertulis.

Kebiasaan boros bermula dari orang yang acuh terhadap pengeluaran baik bulanan maupun harian mereka. Jadi mereka tidak akan berpikir dua kali saat ingin membeli sesuatu, padahal jika mereka lebih bijaksana dalam mengeluarkan uang akan meminimalisir uang pada hal-hal yang tidak bermanfaat.

So, dengan Anda rajin membuat pos penggunaan uang ini Anda akan terhindar dari sifat boros, karena pastinya Anda akan menggolongkan segala kebutuhan dari yang bersifat pokok, sekunder hingga tersier. Maka dengan gaji pas-pasan pun keuangan Anda akan tetap stabil dan aman bagi anda.

Berbelanja di waktu-waktu tertentu

Meski sebenarnya belanja boleh disembang waktu, misalnya awal bulan, pertengahan bulan bahkan akhir bulan. Tetapi beberapa swalayan akan membuka promo maupun diskon besar-besaran pada waktu-waktu tertentu misalnya di akhir bulan, weekend atau hari-hari perayaan tertentu.

Jikalau Anda bisa memanfaatkan hal tersebut tentunya akan sangat menguntungkan keuangan Anda. Hingga jumlah pengeluaran akan bisa lebih dihemat dan dialihkan untuk keperluan lain atau ke tabungan.

Diskon disisi lain juga dapat membantu penghematan bahkan Anda juga membeli banyak jenis barang dengan jumlah yang tentunya lebih banyak dengan harga yang miring. Tapi tetap saja, jangan sampai Anda lupa diri sehingga malah membeli banyak barang yang tidak penting.

Belilah apa yang diperlukan saja, bukan semata-mata yang diinginkan. Sehingga pastikan Anda bisa mengontrol keinginan-keinginan saat melihat ada diskon besar-besaran baik di swalayan terdekat maupun swalayan.

Tips agar Anda dapat meminimalisasi hal tersebut maka sebelum pergi berbelanja pastikan sudah membuat list catatan belanja kebutuhan pokok dan bernilai penting untuk dibeli, catatan tersebut digunakan sebagai pedoman berbelanja. Sehingga usahakan Anda fokus untuk membeli barang yang tertera pada list yang ada di daftar belanjaan Anda, dengan demikian perilaku konsumtif akan bisa dihindari dan membuat Anda bisa menyisihkan uang untuk ditabung.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebagai cara mudah menabung yang baik untuk Anda yang menjadi pegawai honorer walaupun sebenarnya semua orang bisa mencoba tips ini. Karena tidak ada salahnya mencoba tips tersebut agar bisa menabung dengan cara yang baik dan bijaksana.

sumber https://www.modalrakyat.id

Avatar
guruorid
Tim Redaksi guru.or.id

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


− one = 2