Menu

Corona: Jangan Panik, Tetap Ditelisik, dan Waspada

Pembaca guru.or.id dengan beredarnya berita Virus Corona, maka pada artikel ini kami akan membahas apa itu Corona dan bagaimana cara kita mencegah virus tersebut. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Corona: Jangan Panik, Tetap Ditelisik, dan Waspada

Guru.or.id—Virus Corona (Covid-19) yang menjadi perbincangan hangat masyarakat dunia, kini telah merambah di Indonesia. Tidak jarang, hal ini menimbulkan kepanikan di kalangan masyarakat karena isu yang beredar. Dari pemerintah, khususnya Kementrian Kesehatan (Kemenkes) sudah mengajak masyarakat untuk memahami terlebih dahulu apa itu virus Corona.

Perlu diketahui bahwa yang membuat keresahan di masyarakat ialah hoax dari berita yang tidak cukup valid dan diri kita sendiri. Alangkah lebih baiknya jika kita menelisik dari kabar yang beredar—membaca berita dari sumber terpercaya dan tidak gampang termakan hoax. Selanjutnya adalah, memanage pikiran kita sendiri dengan tidak takut terhadap hal-hal yang menjadi keresahan, namun tetap harus waspada dengan melakukan tindakan preventif atau pencegahan terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Dikutip dari Beritasatu.com di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020) bahwa juru bicara penanganan Corona sekaligus Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyalit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto mengatakan bahwa virus Corona tidak dapat hidup sendiri. Itu artinya, dia membutuhkan inang dan hanya bisa hidup di sel yang baru. Sama halnya dengan pohon ada benalu. Benalu bisa hidup jika pohonnya hidup.

Tindakan tersebut salah satunya dengan menggunakan masker. Sel yang hidup pada saluran pernafasan orang yang sedang sakit. Lalu berbicara dan selnya terlempar atau disebut juga dengan droplet. Percikan ludah akibat batuk, berbicara atau bersin tidak akan bisa terlempar hingga jarak 1 kilometer (km), melainkan paling jauh hanya satu meter. Jika sel tersebut lepas dengan terkena ultraviolet suhu, rata-rata hanya akan bertahan 10-15 menit. Setelah itu akan mati indoor atau outdoor.

Ia menambahkan bahwa virus akan tetap masuk sekalipun menggunakan masker. Hal ini bisa terjadi jika ada orang batuk dan menutupnya dengan tangan. Lalu tangan yang terkena percikan droplet digunakan untuk membuka pintu. Kemudian, orang sehat yang memakai masker membuka pintu yang sudah terkena droplet dan memakan gorengan dengan tangan tersebut, maka virus bisa masuk ke mulut.

Berita-berita yang berkembang membuat masyarakat panik, bahkan dari anak Sekolah Dasar (SD) pun ikut-ikutan panik dan takut terhadap isu yang beredar. Tidak baik jika membuat keadaan semakin pelik dengan kekhawatiran yang kita timbulkan sendiri. Maka, mari ajak diri kita sendiri untuk menularkan hal-hal positif kepada saudara, teman, kerabat, dan lingkungan sekitar agar tetap aware tanpa merasa ketakutan.

Corona? Jangan panik, tetap ditelisik, dan waspada!

Menurut World Health Organization,WHO, ini 4 rekomendasi cara agar Anda bisa terlindung dari Virus Corona Covid-19:

  1. Cuci tangan Cuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir.

Pastikan seluruh bagian tangan, termasuk punggung tangan dan sela jari-jari ikut dicuci. Cuci tangan       setidaknya 20 detik.

  1. Tutup mulut dan hidung jika batuk Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat Anda batuk atau bersin. Kemudian buang tisu ke tempat sampah dan cuci tangan Anda. Jika Anda tidak memiliki tisu, gunakan siku Anda untuk menutupnya, alih-alih menggunakan telapak tangan.
  2. Cari pertolongan medis Segera cari pertolongan medis jika Anda demam, batuk, dan sesak napas, dan bagikan riwayat perjalanan Anda kepada kepada petugas kesehatan.
  3. Hindari kontak langsung di tempat ramai Jika mengunjungi pasar di daerah yang terkena virus corona Covid-19, hindari kontak langsung dengan hewan hidup dan permukaan yang telah bersentuhan dengan hewan.

 

Satu hal yang utama adalah, pikiran kita sendiri agar mampu mengendalikan diri dari berita yang tidak cukup valid dan tetap stay positive and stay health. Demikian artikel pada kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya dan jangan lupa dibagikan ke teman guru yang lainnya.

 

 

No comments

Leave a Reply


1 × five =

Mainan Edukatif