Menu

Donwload Juknis Penulisan Ijazah MI, MTs, MA 2019

Juknis Penulisan Ijazah 2019 Kemenag untuk tingkat MI, MTs dan MA yang dapat menjadi Acuhan untuk rekan-rekan Guru dalam Penulisan Ijazah 2019 Kemenag ataupun Penilaian Ijazah 2019 Kemenag tingkat RA MI ( Madrasah Ibtidaiyah), MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan MA (Madrasah Aliyah).

 

Insya Allah di bulan-bulan Mei-JUni ini ijazah sudah sampai ke madrasah melalui masing masing Kantor  Wilayah Kementerian Agama, sehingga dalam hal ini Pemerintah mengeluarkan Juknis Penulisan Ijazah 2019 Kemenagataupun Juknis Penilaian Ijazah 2019 Madrasah Kemenag.

 

 
Ijazah merupakan dokumen negara yang sah yang diberikan kepada peserta didik yang telah tamat belajar pada suatu jenjang pendidikan.
• Ijazah Raudhatul Athfal (RA) diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada RA dan dinyatakan tamat belajar dari satuan pendidikan RA.
• Ijazah Madrasah Ibtidaiyah (MI) diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh program pendidikan pada MI dan dinyatakan tamat belajar dari satuan pendidikan MI.
• Ijazah Madrasah Tsanawiyah (MTs) diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh program pendidikan pada MTs dan dinyatakan tamat belajar dari satuan pendidikan MTs.
• Ijazah Madrasah Aliyah (MA) diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh program pendidikan pada MA dan dinyatakan tamat belajar dari satuan pendidikan MA.
 

 

 

PETUNJUK UMUM Juknis Penulisan Ijazah MI, MTs, MA 2019

 

juknis penulisan ijazah ra mi mts ma 2019
•Ijazah RA, MI, MTs, dan MA diterbitkan oleh satuan pendidikan yang telah memiliki izin operasional.
• Ijazah RA, MI, MTs, dan MA, diisi oleh panitia yang tetapkan oleh kepala satuan pendidikan.
• Ijazah ditulis tangan dengan baik, benar, jelas, rapi, mudah dibaca, dan bersih dengan menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus.
• Penulisan blangko ijazah dilakukan sesegara mungkin setelah satuan pendidikan menerima blangko ijazah dari Kabupaten/Kota/Provinsi. Setelah ijazah disahkan oleh kepala satuan pendidikan, selanjutnya ijazah dibagikan kepada peserta didik yang berhak menerima ijazah.
• Jika terjadi kesalahan dalam penulisan blangko Ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, atau di tipe-ex dan harus diganti dengan blangko ijazah yang baru.
• Blangko Ijazah yang salah dalam penulisan, disilang dengan tinta warna merah secara diagonal pada halaman depan dan belakang sebagai tanda bahwa blanko tersebut tidak sah digunakan.

 

Ijazah dan Sertifkat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (SHUAMBN) dalam dokumen negara yang sangat penting. Sehingga kebenaran informasi dan data yang dicantumkan di dalamnya mutlak dilakukan. Karena ketika ada salah satu huruf saja dalam penulisan nama, itu tidak bisa diganti lagi. melainkan hanya bisa dilampirkan surat keterangan perbaikan data.
 

 

 
Maka dari itu, sebelum memasukkan data ke dalam ijazah, tim penulis madrasah harus memahami setiap poin yang terdapat di dalam Juknis Penulisan Ijazah RA MI MTs dan MA Tahun 2019.
 
 

 

Petunjuk teknis ini diperuntukkan bagi sekolah yang berada di bawah naungan dari Kementerian Agama, mulai dari RA  MI, MTs dan MA sederajat. Dan Setiap tahunnya Kemenag akan mengeluarkan juknis penulisan ijazah, sebagai panduan resmi bagi tim penulis data ijazah di tingkat madrasah.
 
 

 

Di dalam Juknis ini memuat petunjuk umum dan petunjuk khusus penulisan blanko Ijazah dan SHUAMBN disertai dengan contoh blanko yang telah diisi.
 
Silahka bagi Rekan-rekan yang memerlukan Juknis Penulisan / Penilaian Ijazah Kemenag Tahun 2019 dapat mendownloadnya melalui tautan dibawah ini;
 
 

 

Demikianlah informasi mengenai Juknis Penulisan Ijazah RA MI dan MTS Tahun 2019 yang dapat Admin berikan. Terima Kasih telah berkunjung, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Tim Redaksi guru.or.id

No comments

Leave a Reply


9 − eight =