Dalam artikel ini kita akan membagikan link DOWNLOAD MODUL AJAR BAHASA INGGRIS SMA/MA/SMK KELAS – X DOCX. Modul ajar Bahasa Inggris Kelas X adalah sebuah dokumen atau bahan pembelajaran yang dibuat untuk membantu para guru dalam mengajar atau siswa dalam belajar tentang suatu materi.
Jika yang Anda maksud adalah modul ajar Bahasa Inggris tentang berita, maka ini adalah sebuah bahan pembelajaran tentang bagaimana membaca, menulis, dan memahami berita dalam bahasa Indonesia. Modul ini mungkin akan membahas topik-topik seperti struktur berita, istilah-istilah yang digunakan dalam berita, cara membuat judul yang efektif, dan cara menyajikan fakta secara obyektif.
MODUL AJAR BAHASA INGGRIS “RECOUNT TEXT” SMA/MA/SMK KELAS X
Download MODULAJAR BAHASA INGGRIS KELAS X
INFORMASI UMUM
1. | Kode Modul Ajar | – |
2. | Kode ATP Acuan | – |
3. | Nama Penyusun/Institusi/Tahun | |
4. | Jenjang Sekolah | SMA / MA / SMK / SEDERAJAT |
5. | Fase/Kelas | E / X (Sepuluh) |
6. | Domain/Topik | Menulis dan menceritakan kejadian di masa lalu |
7. | Kata Kunci | Recount Text |
8. | Pengetahuan/Keterampilan Prasyarat | Writing |
9. | Alokasi waktu (menit) | 2 X 45 Menit (90 Menit) |
10. | Jumlah Pertemuan (JP) | 2 JP |
11. | Modal Pembelajaran | Tatap muka |
12. | Metode Pembelajaran | 1) Inductive approach |
2) Tanya jawab, diskusi, dan mengerjakan soal | ||
13. | Sarana Prasarana | 1) Media:Power Point, Laptop, LCD Proyektor, |
Handphone, Papan Tulis, Spidol, Spidol | ||
Warna/ Pen Warna/ Stabilo. | ||
2) Sumber belajar:E-Learning, E-Book, Buku | ||
paket/LKS, Video Youtube. | ||
14. | Target Peserta Didik | Reguler |
15. | Karakteristik Peserta Didik | Siswa regular yang aktif berdiskusi dalam |
kegiatan pembelajaran dan bernalar kritis serta | ||
mampu menulis dan menceritakan kejadian di | ||
masa lalu (Recount Text) dengan mandiri dan | ||
tidak pantang menyerah. |
KOMPETENSI INTI
- Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan pembelajaran, diharapkan peserta didik mampu:
E1. Menjelaskan definisi, tujuan, struktur teks, ciri-ciri unsur kebahasaan dari teks recount
E2. Membedakan dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari beberapa teks recount lisan dan tulis
E3. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis terkait peristiwa bersejarah
E4. Menyusun teks recount, pendek dan sederhana, terkait peristiwa bersejarah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
- Pemahaman Bermakna
Recount text merupakan salah satu jenis teks dalam belajar bahasa inggris yang memiliki fungsi untuk menceritakan kembali kejadian atau pengalaman yang terjadi dimasa lalu. Teks ini bertujuan untuk memberikan informasi dan/atau menghibur pembaca yang membaca tulisan recount text.
- Pertanyaan Pemantik
- Apakah kalian (peserta didik) pernah mengalami peristiwa menyenangkan atau menyedihkan di masa lalu? Mengapa?
- Bagaimana peristiwa menyenangkan atau menyedihkan itu terjadi? Jelaskan!
- Persiapan Pembelajaran
- Guru menyusun LKPD
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
- Tujuan Pembelajaran
- Menjelaskan definisi, tujuan, struktur teks, ciri-ciri unsur kebahasaan dari teks recount
- Membedakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari beberapa teks recount lisan dan tulis
- Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis
- Kegiatan Pembelajaran
Tahap Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan ➢ Guru memberi salam dan mengajak berdo’a sebelum pembelajaran dimulai. ➢ Guru memberi motivasi kepada peserta didik dan menanyakan kondisi kesehatan. ➢ Guru mengecek kehadiran peserta didik. ➢ Guru memberi apersepsi tentang materi yang akan dipelajari. ➢ Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini. ➢ Guru menyampaikan garis besar cakupan materi yang dipelajari. ➢ Guru menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan. Kegiatan Inti ➢ Guru membagi atau membuat kelompok untuk peserta didik. ➢ Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan (stimulus) tentang materi yang akan dipelajari dengan cara mengamati video yang berhubungan dengan materi. Berikut link Youtube tentang Recount Text: https://youtu.be/aNy0a_OM3JQ ➢ Peserta didik secara berkelompok menjelaskan definisi, tujuan, struktur teks, ciri-ciri unsur kebahasaan dari sebuah teks recount. ➢ Peserta didik secara berkelompok menganalisis fungsi sosial, -
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount dalam grup. ➢ Setelah melakukan diskusi kelompok, guru mengarahkan peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas, dan peserta didik secara individu menulis hasil diskusi yang disampaikan temannya. ➢ Peserta didik diberikan sebuah LKPD dan peserta didik mencari dan mengumpulkan informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan terkait teks recount. Hingga pada akhirnya peserta didik menemukan informasi terkait text recount. ➢ Peserta didik bersama dengan guru melakukan diskusi kelas untuk menganalisis hasil jawaban dan menyamakan persepsi tentang materi yang dipelajari. Kegiatan Penutup ➢ Guru memberikan feedback tentang materi recount teks. ➢ Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya. ➢ Guru dan peserta didik berdo’a bersama untuk mengakhiri pembelajaran. PERTEMUAN KEDUA
- Tujuan Pembelajaran
- Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis terkait peristiwa bersejarah
- Menyusun teks recount, pendek dan sederhana, terkait peristiwa bersejarah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
- Kegiatan Pembelajaran
Tahap Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan ➢ Guru memberi salam dan mengajak berdo’a sebelum pembelajaran dimulai. ➢ Guru memberi motivasi kepada peserta didik dan menanyakan
Demikian Sekilas mengenai MODUL AJAR BAHASA INGGRIS SMA/MA/SMK KELAS – X DOCX, anda bisa mendownloadnya di link yang sudah kami lampirkan di atas