DOWNLOAD MODUL AJAR BAHASA INGGRIS SMA/MA/SMK KELAS – X DOCX

download modul ajar bahasa inggris recount

Dalam artikel ini kita akan membagikan link DOWNLOAD MODUL AJAR BAHASA INGGRIS SMA/MA/SMK KELAS – X DOCX. Modul ajar Bahasa Inggris Kelas X adalah sebuah dokumen atau bahan pembelajaran yang dibuat untuk membantu para guru dalam mengajar atau siswa dalam belajar tentang suatu materi.

Jika yang Anda maksud adalah modul ajar Bahasa Inggris tentang berita, maka ini adalah sebuah bahan pembelajaran tentang bagaimana membaca, menulis, dan memahami berita dalam bahasa Indonesia. Modul ini mungkin akan membahas topik-topik seperti struktur berita, istilah-istilah yang digunakan dalam berita, cara membuat judul yang efektif, dan cara menyajikan fakta secara obyektif.

MODUL AJAR BAHASA INGGRIS RECOUNT TEXTSMA/MA/SMK KELAS  X

Download MODULAJAR BAHASA INGGRIS KELAS X

 

INFORMASI UMUM

 

1. Kode Modul Ajar
2. Kode ATP Acuan
3. Nama Penyusun/Institusi/Tahun
4. Jenjang Sekolah SMA / MA / SMK / SEDERAJAT
5. Fase/Kelas E / X (Sepuluh)
6. Domain/Topik Menulis dan menceritakan kejadian di masa lalu
7. Kata Kunci Recount Text
8. Pengetahuan/Keterampilan Prasyarat Writing
9. Alokasi waktu (menit) 2 X 45 Menit (90 Menit)
10. Jumlah Pertemuan (JP) 2 JP
11. Modal Pembelajaran Tatap muka
12. Metode Pembelajaran 1)  Inductive approach
2)  Tanya jawab, diskusi, dan mengerjakan soal
13. Sarana Prasarana 1)  Media:Power Point, Laptop, LCD Proyektor,
Handphone,   Papan   Tulis,   Spidol,   Spidol
Warna/ Pen Warna/ Stabilo.
2)  Sumber  belajar:E-LearningE-Book,  Buku
paket/LKS, Video Youtube.
14. Target Peserta Didik Reguler
15. Karakteristik Peserta Didik Siswa   regular   yang   aktif   berdiskusi   dalam
kegiatan  pembelajaran  dan  bernalar  kritis  serta
mampu  menulis  dan  menceritakan  kejadian  di
masa  lalu  (Recount  Text)  dengan  mandiri  dan
tidak pantang menyerah.

KOMPETENSI INTI

 

  1. Tujuan Pembelajaran

 

Setelah melakukan pembelajaran, diharapkan peserta didik mampu:

 

E1. Menjelaskan definisi, tujuan, struktur teks, ciri-ciri unsur kebahasaan dari teks recount

 

E2. Membedakan dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari beberapa teks recount lisan dan tulis

 

E3. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis terkait peristiwa bersejarah

 

E4. Menyusun teks recount, pendek dan sederhana, terkait peristiwa bersejarah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

 

  1. Pemahaman Bermakna

 

Recount text merupakan salah satu jenis teks dalam belajar bahasa inggris yang memiliki fungsi untuk menceritakan kembali kejadian atau pengalaman yang terjadi dimasa lalu. Teks ini bertujuan untuk memberikan informasi dan/atau menghibur pembaca yang membaca tulisan recount text.

 

  1. Pertanyaan Pemantik

 

  1. Apakah kalian (peserta didik) pernah mengalami peristiwa menyenangkan atau menyedihkan di masa lalu? Mengapa?

 

  1. Bagaimana peristiwa menyenangkan atau menyedihkan itu terjadi? Jelaskan!

 

  1. Persiapan Pembelajaran

 

  1. Guru menyusun LKPD
  2. KEGIATAN PEMBELAJARAN 

    PERTEMUAN PERTAMA

     

    1. Tujuan Pembelajaran

     

    • Menjelaskan definisi, tujuan, struktur teks, ciri-ciri unsur kebahasaan dari teks recount

     

    • Membedakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari beberapa teks recount lisan dan tulis

     

    • Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis

     

    1. Kegiatan Pembelajaran

     

    Tahap Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
    Kegiatan Pendahuluan Guru memberi   salam   dan   mengajak   berdo’a   sebelum
    pembelajaran dimulai.
    Guru memberi motivasi kepada peserta didik dan menanyakan
    kondisi kesehatan.
    Guru mengecek kehadiran peserta didik.
    Guru memberi apersepsi tentang materi yang akan dipelajari.
    Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada pembelajaran
    hari ini.
    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi yang dipelajari.
    Guru menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian
    yang akan digunakan.
    Kegiatan Inti Guru membagi atau membuat kelompok untuk peserta didik.
    Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan (stimulus) tentang
    materi yang akan dipelajari dengan cara mengamati video yang
    berhubungan dengan materi.
    Berikut link Youtube tentang Recount Text:
    https://youtu.be/aNy0a_OM3JQ
    Peserta didik secara berkelompok menjelaskan  definisi, tujuan,
    struktur teks, ciri-ciri unsur kebahasaan dari sebuah teks recount.
    Peserta didik  secara berkelompok  menganalisis  fungsi sosial,
  3. struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount dalam grup.
    Setelah melakukan diskusi kelompok, guru mengarahkan peserta
    didik untuk mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas, dan
    peserta  didik  secara  individu  menulis  hasil  diskusi  yang
    disampaikan temannya.
    Peserta didik diberikan sebuah LKPD dan peserta didik mencari
    dan mengumpulkan informasi tentang fungsi sosial, struktur teks,
    dan unsur kebahasaan terkait teks recount. Hingga pada akhirnya
    peserta didik menemukan informasi terkait text recount.
    Peserta didik bersama dengan guru melakukan diskusi kelas untuk
    menganalisis  hasil  jawaban  dan  menyamakan  persepsi  tentang
    materi yang dipelajari.
    Kegiatan Penutup Guru memberikan feedback tentang materi recount teks.
    Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada
    pertemuan berikutnya.
    Guru  dan  peserta  didik  berdo’a  bersama  untuk  mengakhiri
    pembelajaran.

     

     

    PERTEMUAN KEDUA

     

    1. Tujuan Pembelajaran

     

    • Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis terkait peristiwa bersejarah

     

    • Menyusun teks recount, pendek dan sederhana, terkait peristiwa bersejarah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

     

    1. Kegiatan Pembelajaran

     

    Tahap Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
    Kegiatan Pendahuluan Guru memberi   salam   dan   mengajak   berdo’a   sebelum
    pembelajaran dimulai.
    Guru memberi motivasi kepada peserta didik dan menanyakan

Demikian Sekilas mengenai MODUL AJAR BAHASA INGGRIS SMA/MA/SMK KELAS – X DOCX, anda bisa mendownloadnya di link yang sudah kami lampirkan di atas