Menu

Duolingo : Aplikasi Android Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan

Banyak orang mencari informasi mengenai Aplikasi Android Belajar Bahasa Inggris . Dalam artikel ini kami akan mengulas tentang Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan menggunakan Duolingo Application

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dan merupakan bahasa asing yang ada di Indonesia. Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran wajib di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP),  Sekolah Menengah Atas (SMA) dan tingkat perkuliahan untuk menyelesaikan sekolahnya. Tidak jarang, bagi sebagian besar siswa mata pelajaran inilah yang menjadi salah satu kendala mereka untuk satu langkah lebih maju dari yang lainnya.

Mata pelajaran Bahasa Inggris pun sudah diajarkan sejak awal di tingkat Sekolah Dasar (SD). Hal ini bertujuan guna menyiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan global yang semakin maju. Walaupun materi yang diberikan sangatlah sederhana, tapi hal ini tetap saja menjadi kendala bagi guru mata pelajaran Bahasa Inggris. Mereka masih kesulitan untuk menemukan solusi dari masalah tersebut. Karena memberi fokus untuk anak-anak SD lebih sulit daripada memberi fokus untuk anak-anak SMP, SMA, atau mahasiswa/i. Permasalahan inilah yang seharusnya diatasi lebih awal. Tindakan prefentif guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang ada di kelas.

Duolingo : Aplikasi Android Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan

Sebenarnya, ada banyak sekali media atau metode yang menyenangkan untuk diterapkan di dalam kelas. Hanya saja, media atau metode yang baik seperti apa yang harus digunakan untuk di aplikasikan dalam pembelajaran. Menggunakan metode konvensional atau modern pun tidak masalah. Yang menjadi masalah adalah bagaimana seorang pendidik mampu bertahan sedangkan solusi tak kunjung ditemukan. Salah satu hal krusial yang harus dipertimbangkan seorang guru dalam menggunakan media adalah efektif atau tidaknya alat yang digunakan dalam penyampaian materi. Menarik tetapi tidak memberikan hasil yang lebih baik juga sama saja. Karena yang dibutuhkan oleh peserta didik ialah mereka mampu menerima atau menguasai pelajaran khususnya Bahasa Inggris dengan baik. Untuk itu, seorang guru harus lebih selektif dalam memilih media yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Salah satu media yang bisa digunakan adalah smartphone atau handphone canggih yang setiap kalangan barangtentu memilikinya. Barang sederhana yang bisa dibawa kemana-mana bahkan mampu memberi manfaat yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran bahasa, khususnya adalah Bahasa Inggris.

Media diambil dari bahasa Latin “medium”. Barang atau segala sesuatu yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi dari sumber kepada penerima. Dengan media smartphone, guru bisa menggunakan sebuah applikasi sederhana yang bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi belajar bahasa, yaitu Duolingo application.  Duolingo application tersedia di android dan web browser. Duolingo dibuat pada bulan Juni 2012 dan sudah memiliki banyak pengguna. Ialah Luis von Ahn Carniage pendiri applikasi tersebut.

Media Pembelajaran Duolingo adalah program berbasis android pembelajaran bahasa yang akan menuntun pengguna langkah demi langkah. Dalam aplikasi ini tersedia banyak variasi soal yang bisa dipilih. Duolingo application sangat bermanfaat bagi kegiatan pembelajaran bahasa karena dilengkapi dengan materi reading, writing, listening, dan speaking.

Pengguna dapat mengunduh dan sign up menggunakan e-mail atau media sosial yang lainnya. Setelah berhasil, Duolingo akan menuntun pengguna untuk memulai belajar bahasa dari materi dasar sampai pada materi yang semakin luas. Applikasi ini sangat rekomendasikan untuk peserta didik, baik SD atau pun SMP, SMA. Karena dilengkapi dengan materi visual dan audio sehingga para siswa bisa dengan mudah menangkap kosakata baru. Materi visual seperti gambar, hal ini memudahkan siswa dalam mengingat kosakata Bahasa Inggris dan audio memudahkan siswa dalam memproduksi atau memperbaiki pengucapan pronunciation lebih baik lagi.

Demikian ulasan mengenai Aplikasi Android Belajar Bahasa Inggris, semoga sesuai judul yang kami sajikan “Duolingo : Aplikasi Android Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan” Semoga belajar bahasa Inggris anda menyenangkan ya!

No comments

Leave a Reply


seven − = 5