Home Berita Kapan Jadwal AKM 2021 Dilaksanakan?

Kapan Jadwal AKM 2021 Dilaksanakan?

Mulai tahun ini pemerintah mulai melaksanakan AKM, Kapan Jadwal AKM 2021? Hal ini belum ada juknis resmi yang dirilis oleh pemerintah. Namun melalui http://ditpsd.kemdikbud.go.id/ kita bisa mendapatkan info rencana kapan AKM 2021 dilaksanakan.

Kapan Jadwal AKM 2021 Dilaksanakan?

AKM, Asesmen Nasional akan digelar pada bulan Agustus 2021 untuk kelas 5 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Sedangkan untuk kelas 11 SMA/MA dilaksanakan pada pekan pertama Maret 2021, dan Kelas 11 SMK pada pekan kedua Maret 2021.

Kapan AKM jenjang SMP? Kelas 8 SMP/MTs akan mengikuti Asesmen Nasional pada pekan ketiga Maret 2021, dilanjutkan paket C pada pekan keempat maret. Lalu, Di awal April 2021, giliran Paket A dan Paket B mengikuti Asesmen Nasional. Demikian dijelaskan Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd., Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud berdasarkan paparan materi diskusi Rapat Koordinasi Asesmen Nasional, 6 Oktober 2020.

Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

kegiatan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif. Peserta yang mengikuti asesmen adalah murid. Survey Karakter mengukur sikap, kebiasaan, nilai nilai (values) sebagai hasil belajar non kognitif. Yang mengikuti survey adalah murid dan guru pengajar. Adanya survey Lingkungan Belajar mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran. Yang mengikuti survey adalah kepala satuan pendidikan.

”Pelaksanaan Asesmen Nasional dikoordinasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Kanwil dan Kantor Kementerian Agama,” jelas Sri Wahyuningsih.

AKM, Asesmen Nasional dilaksanakan menggunakan komputer dan secara online/daring. Murid mengerjakan pada sesi dengan jadwal yang ditentukan dan dengan diawasi oleh pengawas. Sedangkan Guru dan kepala satuan pendidikan mengerjakan survei secara mandiri dengan periode waktu yang cukup panjang.

Pada jenjang SD/MI, di hari pertama Asesmen Nasional dilakukan tes literasi 75 menit dan survey karakter 20 menit. Pada Hari kedua dilakukan tes numerasi 75 menit dan Survey Lingkungan Belajar 20 menit. Sedangkan untuk jenjang SMP/MTs, SMA/MA dan SMK, di hari pertama dilakukan tes literasi 90 menit dan Survey Karakter 30 menit. Lalu Hari kedua, tes numerasi 90 menit dan Survey Lingkungan Belajar 30 menit.

Contoh Soal AKM 2021

Berikut ini contoh soal Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Kelas 5 Sekolah Dasar yang diambil dari paparan materi diskusi Rapat Koordinasi Asesmen Nasional, 6 Oktober 2020:

Ada dua orang sahabat melakukan perjalanan panjang. Ketika di tengah perjalanan, mereka terlibat dalam suatu perdebatan. Pertengkaran Itu terjadi sampai salah satu dari mereka menampar yang Iainnya. Sahabat yang ditampar itu tak berkata apapun tapi menuliskan suatu kata di atas hamparan pasir. Tulisan tersebut berbunyi, “hari ini teman baikku menamparku.”

Walaupun mereka bertengkar tapi tetap melanjutkan perjalanan bersama. Saat di perjalanan mereka menemukan sebuah sumber air dan memutuskan untuk mandi. Namun malang nasib teman yang ditampar tadi, ia tergelincir dan hampir terggelam di dalam sumber air tersebut. Melihat itu, tentu saja teman yang menampar tadi menolongnya dan ia pun selamat. “Hari ini teman baikku menyelamatkan nyawaku,” ukirnya pada sebuah batu.

Teman yang telah menampar dan menyelamatkan nyawanya tadi bertanya, “Mengapa saat aku menyakitimu, kamu menulis di atas pasir. Sedangkan saat aku membantu, kamu mengukirnya pada batu?“

Kemudian Ia menjawab ”Karena menulis di atas pasir mudah terhapus oleh sapuan angin, sedangkan mengukir di atas batu tidak mudah hilang oleh terpaan angin kencang sekalipun.”

Sumber : http://ditpsd.kemdikbud.go.id/

Incoming search terms:

  • kapan berlangsungnya akm tahun 2021
Avatar
guruorid
Tim Redaksi guru.or.id

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


5 + seven =