Menu

Kelulusan Siswa SMA Diumumkan Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional

Kelulusan Siswa SMA Diumumkan Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional

GURU.OR.ID, JAKARTA—Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan bahwa pengumuman kelulusan SMA/SMK/SLB akan di umumkan besuk Sabtu, 2 Mei 2020.

Berdasarkan penetapan tanggal kelulusan tersbut diatur dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2020 tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, dan Tata Cara Pengisian Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2019/2020 yang diteken 20 April lalu.

Pengumuman tahun ini pun berbeda. Pengumuman dilakukan secara online. Mengingat adanya wabah virus corona, sehingga pengumuman dilakukan menggunakan teknologi yakni, guna menekan penyebaran covid-19 atau dilakukannya physical distancing di masyarakat tingkat pendidikan formal.

Sementara itu, pengumuman siswa SMP dan SD akan dilaksanakan bulan depan. SMP pada tanggal 5 Juni dan SD 15 Juni.

“Kelulusan dituangkan melalui surat keterangan lulus dan ditandatangani kepala sekolah atau pejabat lain yang ditunjuk pejabat berwenang,” dikutip dari Peraturan Sekjen Kemdikbud.

Ujian Nasional (UN) tahun ini ditiadakan. Hal ini termasuk salah satu upaya pemerintah dalam memerangi covid-19. Dengan ditiadakannya UN, kelulusan siswa didasarkan pada nilai rapor dan hasil tugas selama menjalani pembelajaran jarak jauh.

Pengumuman kelulusan bertepatan langsung dengan Hari Pendidikan Nasional.  Harapan semua tenaga pendidik bahwa pendidikan bukan hanya tentang besar kecilnya angka tapi kesejahteraan dalam mendapatkan fasilitas yang terbaik. Dan tak luput dengan meningkatnya kualitas pendidikan karakter pada anak-anak, agar tetap membumi meskipun ilmunya tidak bisa di hitung menggunakan jari.

No comments

Leave a Reply


+ 8 = nine

Mainan Edukatif