Menu

Mengenal Fungsi-fungsi Pada Menu Shut Down di Laptop dan Komputer

Saat menggunakan personal computer (PC) maupun laptop, ada kalanya kita hendak jeda sejenak. Ada sebagian punya kebiasaan PC atau Laptop ditinggalkan dalam kondisi menyala. Ada pula yang memilih mematikannya. Pada Windows 7, secara default telah disetel mode sleep. Bila laptop tidak kita gunakan sekira 15 menit maka secara otomatis mode sleep akan aktif. Di beberapa laptop, jika lebih dari 15 menit makan akan masuk ke mode hibernate.

Beberapa fungsi pada menu Shut Down

  1. Switch User
    Berfungsi apabila kita ingin berganti dari satu pengguna ke pengguna lainnya. Tanpa menutup progam yang berjalan. Pengguna merupakan mereka yang memiliki hak akses, dan biasanya untuk masuk harus menggunakan password.
  2. Log Off
    Pilihan untuk berpindah ke user lain apabila komputer digunakan oleh beberapa user (pengguna). Dengan menutup semua progam yang terbuka serta Windows proses.
  3. Lock
    Memunculkan tanda gembok atau kunci. Laptop akan terkunci dan tidak bisa diakses tanpa memasukkan password. Ini berguna jika Anda ingin meninggalkan laptop dan tak ingin ada orang lain membukanya.
  4. Restart
    Mematikan PC/Laptop seperti menu shut down, kemudian menghidupkan kembali. Biasanya semua progam harus dimatikan terlebih dahulu.
  5. Sleep
    Digunakan apabila kita akan meninggalkan laptop tidak terlalu lama, kisaran 15 menit. Pada kondisi Sleep, komponen komputer mati kecuali memori (RAM). Waktu untuk menghidupkan kembali komputer lebih cepat ketimbang hibernate, karena pada saat Sleep RAM masih dipertahankan hidup.
  6. Hibernate
    Hampir sama dengan fungsi Sleep, hanya saja saat hibernate seluruh komponen komputer dimatikan. Sebelum dimatikan, isi dari memori atau RAM disalin ke hardisk sehingga ketika hendak menghidupkan prosesnya cepat. Semua aplikasi yang sebelumnya digunakan tidak akan terpengaruh. Jadi tidak perlu menutupnya jika akan digunakan kembali.
  7. Shut Down atau Turn Off
    Shutdown memerintahkan semua komponen komputer (RAM, hardisk, prosesor, dll) untuk dinonaktifkan, dengan memutus aliran listrik. Untuk menghidupkannya membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.
  8. Stand By
    Pada keadaa stand by, komputer tidak dimatikan secara keseluruhan. Semua komponen komputer mati kecuali memori (RAM). Stand by masih membutuhkan listrik untuk memberi daya pada. Jadi jangan kaget meski di stand by daya baterai tetap berkurang.
    Setiap merk mungkin memiliki fitur dan desain yang berbeda, meskipun secara prinsip mempunyai fungsi yang sama. (dari berbagai sumber)

Eko Triyanto
“Jika aku belum bisa berbuat baik, biarlah kutuliskan kebaikan-kebaikan orang lain, yang padanya aku berharap akan menumbuhkan kebaikan.”

No comments

Leave a Reply


− 2 = seven

Mainan Edukatif