Home Berita Program Belajar dari Rumah:Mulai Hari Senin Siswa Bisa Belajar Lewat TVRI

Program Belajar dari Rumah:Mulai Hari Senin Siswa Bisa Belajar Lewat TVRI

Hallo, pembaca guru.or.id, pada kesempatan kali ini kami akan membahas jadwal Program Belajar dari Rumat lewat TVRI. Silakan di catat jadwalnya, ya.

Program Belajar dari Rumah:Mulai Hari Senin Siswa Bisa Belajar Lewat TVRI

GURU.OR.ID, JAKARTA—Penyebaran virus corona di wilayah Indonesia memaksa pemerintah untuk membuat kebijakan baru. Social distancing, self quarantine, dan kebijakan lainnya sehingga masyarakat, khususnya tenaga pendidik harus mengubah sistem pembelajaran dari tatap muka berubah menjadi online. Hal ini guna menekan pengurangan jumlah penyebaran pandemic coronavirus disease atau covid-19.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim, kini gencar melakukan terobosan guna menjaga kualitas proses pembelajaran supaya tetap dalam koridor aktivitas pembelajaran yang baik di tengah duka wabah civid-19. Salah satu cara tersebut adalah dengan menggandeng TVRI dengan adanya program  “Belajar dari Rumah.”

Program Belajar dari Rumah merupakan salah satu upaya Kemendikbud dalam membantu terselenggaranya pendidikan di semua kalangan masyarakat di masa darurat covid-19,” kata Nadiem pada telekoferensi Peluncuran Program Belajar dari Rumah di Jakarta, Kamis (9/04/2020).

Program tersebut juga untuk membantu masyarakat dimana memiliki keterbatasan pada akses internet, baik karena faktor ekonomi ataupun letak geografis. Perlu kita ketahui bahwa di seluruh wilayah Indonesia, khususnya wilayah pendalaman akses internet sangatlah terbatas. Banyak sekolah yang juga kesulitan menggunakan platform berbasis teknologi dan keterbatasan paket data internet.

Mulai Senin, 13 April program ini akan tayang di TVRI mulai pukul 08.00 WIB dan akan berlangsung selama tiga bulan sampai dengan bulan Juli 2020.

Pembelajaran akan diberikan kepada semua jenjang, baik tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, hingga dewasa. Nadiem juga menambahkan bahwa dalam program “Belajar dari Rumah” nantinya akan fokus pada literasi, numerasi, dan penumbuhan budi pekerti atau pendidikan karakter.

Hal lain juga disampaiakan oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid. Ia menyampaikan bahwa pada akhir pekan, yakni pada Sabtu dan Minggu, ada durasi tiga jam khusus untuk program kebudayaan, antara lain gelar wicara (talkshow), podcast, kesenian, dan magazine tentang perkembangan budaya dari seluruh Indonesia.

“Jadwal hari Senin hingga Jumat digunakan untuk pembelajaran dengan durasi tiga jam perhari untuk semua tayangan. Rinciannya adalah 30 menit untuk PAUD, 30 menit untuk kelas 1 sampai 3 SD, 30 menit untuk kelas 4 sampai 6 SD, dan 30 menit masing-masing untuk SMP, SMA, dan parenting,” kata Hilmar.

Di bawah ini jadwal pembagian jam tayang untuk Program Belajar dari Rumah di TVRI setiap harinya.

Senin – Jumat

08.00 – 08.30 WIB Program untuk PAUD

08.30 – 09.00 WIB Program untuk Kelas 1-3

10.00 – 10.30 WIB Program untuk Kelas 4-6

10.30 – 11.00 WIB Program untuk jenjang SMP

14.00 – 14.30 WIB Program untuk jenjang SMA

14.30 – 15.00 WIB program Pengasuhan dan Pendidikan Anak

19.00 – 23.30 Film Terbaik Indonesia

Sabtu – Minggu

08.00 -23.00 WIB Tayangan Kebudayaan dan Film Terbaik Indonesia

Demikian artikel terkait dengan informasi Program Belajar dari Rumah semoga dapat membantu para pembaca guru.or.id dalam mendampingi putra putri di rumah. Jangan lupa dibagikan dengan teman guru yang lainnya.

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


× 8 = seventy two