Menu

Cara Atasi Keran, Wastafel, Saluran Air Mampet

Sahabat pendidik pernah mengalami keadaan saat wastafel, keran air, maupun shower tersumbat? Kemudian panggil tukang bila sudah tersumbat seperti itu, tentunya mungkin merasa kerepotan dan bingung bagaimana membersihkannya.

Cara Atasi Keran, Wastafel, Saluran Air Mampet

Ternyata ada lo, cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membersihkannya dengan cepat, mudah, murah, dan tak memerlukan banyak tenaga.

Yakni dengan dipompa… prinsipnya pipa saluran tersumbat oleh endapan-endapan, kemudian endapan-endapan itu kita dorong dengan pompa.

Tak perlu terlalu khawatir jika mendapati salah satu saluran di rumah anda, seperti saluran wastafel, kran, atau toilet tersumbat. Biasanya hal ini disebabkan oleh sisa makanan, kotoran, atau sampah kecil. Langkah sederhana berikut ini bisa anda terapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bahan – bahan yang dipakai pun bisa anda dapatkan dengan mudah dan tidak memakai bahan kimia yang berbahaya. Ada baiknya, saat permasalahan sumbatan masih belum parah, anda harus segera mengatasinya. Jika tidak, mungkin saja rumah anda akan terkena banjir lokal.

Sebenarnya, untuk saluran perabotan rumah tangga, baik itu saluran air, wastafel dan shower, anda dapat memilih salah satu dari lima alternatif cara, yakni:
1. Menggunakan tongkat pembersih yang ujungnya memiliki banyak pengait.
2. Menggunakan bahan kimia yang banyak dijual di toko-toko bangunan.
3. Menggunakan soda kue yang dicampur dengan cuka.
4. Menggunakan alat penyedot untuk menarik kotoran dari saluran pipa.
5. Melakuan pembongkaran instalasi, baik itu pembongkaran berat, sedang, atau ringan yang cukup dengan membersihkan bagian filter dan penutup saluran.

Cara diatas kurang efektif dan sulit dipraktikkan, ada cara yang lebih mudah dan murah dengan membuat pompa sederhana seperti di video ini

Cara Mengatasi Keran Mampet

guruorid
Tim Redaksi guru.or.id

No comments

Leave a Reply


× 5 = forty