Menu

Contoh PTK : APLIKASI LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Anda mencari bahan skripsi, atau sedang mencari ide judul skripsi pendidikan, berikut salah satu penelitian tentang media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah aplikasi Lectora Inspire. Aplikasi Lectora Inspire merupakan software pengembangan belajar elektronik (e-learning) yang relatif mudah diaplikasikan atau diterapkan karena tidaks memerlukan pemahaman bahasa pemrograman yang canggih. Karena aplikasi Lectora Inspire memiliki antarmuka yang familiar dengan kita yang telah mengenal maupun menguasai aplikasi Microsoft Office menurut Mas’ud (2011) seperti dikutip di Shalikhah (2016). Faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yang rendah, serta penggunaan metode pengajaran oleh guru yang monoton yang mengakibatkan siswa merasa bosan belajar.

media pembelajaran audio visual lectora

dalam belajar Arsyad (2015) seperti dikutip di Primadona, Nehru, & Kurniawan (2013) “Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi dan dapat digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar, dan bahan ajar.” Menurut Kadek Suartama (2010) seperti dikutip Heni Suryaningsih (2015). Selanjutnya media pengajaran adalah sebuah media perentara yang dapat difungsikan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa dalam belajar kemauan Suyanto dan Jihad (2013) seperti dikutip di Primadona, Nehru, & Kurniawan (2013). National Education Association (NEA) berpendapat media adalah segala benda yang dimanipulasikan, dilihat,
didengar, dibaca, atau dibicarakan beserta instrumen yang digunakan National Education
Association (National Education Association, 2015).

Penjelasan Sudjana & Rivai (2002) seperti dikutip di Ratnasari & Widayati (2012) ada beberapa manfaat dari penggunaan media pengajaran di dalam proses belajar siswa antara lain : Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar. Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa
dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.

Hasil belajar dalam penelitian ini berupa hasil belajar pretest dan postest pada materi Teknologi Informasi dan komunikasi. Pretest adalah pengambilan nilai kemampuan awal dari siswa pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Postest adalah pengambilan nilai kemampuan akhir dari siswa pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil pada tahap implementasi dan pengujian terdapat hasil data sebagai berikut :

Uji beda ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata rata hasil belajar pretest siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen.

Simpulan penelitian ini adalah penelitian ini menunjukkan pengaruh yang positif terhadap pemblajaran, hal ini dibuktikan dari meningkatnya hasil belajar siswa . Dari hasil analisis uji independent sample t test kelas kontrol 0,155 > 0,05 dan kelas eksperimen 0,158 > 0,05 yang berarti adanya perbedaan. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar setelah diberi perlakuan.

Sumber : PENGARUH MEDIA VISUAL MENGGUNAKAN
APLIKASI LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL
BELAJAR PESERTA DIDIK https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/15060

Tim Redaksi guru.or.id

No comments

Leave a Reply


six + 3 =