Download RPP Tafsir dan Ilmu Tafsir Kelas 10 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

rpp tafsir ilmu tafsir kelas 12

Download RPP Tafsir dan Ilmu Tafsir Kelas 10 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017, bagi para guru madrasah yang membutuhkan RPP Tafsir ilmu tafsir kelas 10 atau RPP Tafsir ilmu tafsir kelas 11 dan RPP tafsir ilmu tafsir kelas 12 anda bisa mencari di guru.or.id ini.

Namun pada kesempatan kali ini kami akan membagikan RPP Tafsir ilmu tafsir kelas X

Kurang lebi seperti ini, nanti link download akan kami sertakan di artikel ini

RPP Tafsir dan Ilmu Tafsir Kelas 10 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah

Mata Pelajaran : Tafsir Dan Ilmu Tafsir
Program : Keagamaan

Kelas/Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Pengertian Al Qur’an dan Kandungan Al Qur’an
Alokasi Waktu : 6 JP (3 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti

KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah..
KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Meyakini kebenaran al-Qur`an yang harus diterima dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 Memiliki sikap sebagaimana yang terkandung dalam al-Qur`an.
3.1 Memahami pengertian al-Qur`an.
4.1 Menyajikan contoh pengertian Al-Qur’an dari salah seorang ulama’

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Mematuhi kebenaran al-Qur`an yang harus diterima dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.1 Menampilkan sikap sebagaimana yang terkandung dalam al-Qur`an.
3.1.1 Menjelaskan pengertian al-Qur’an menurut pendapat beberapa ulama
3.1.2 Membandingkan pengertian al-Qur’an menurut para ulama
3.1.3 Menjelaskan isi kandungan al-Qur’an
3.1.4 Menganalisis bukti keotentikan al-Qur’an.
3.1.5 Menganalisis Bukti Kebenaran Al-Qur`an ‘
4.1.1 Menceritakan pengertian al-Qur’an

C. Tujuan pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Menjelaskan pengertian al-Qur’an menurut pendapat beberapa ulama.
• Membandingkan pengertian al-Qur’an menurut para ulama.
• Menjelaskan isi kandungan al-Qur’an.
• Menganalisis bukti keotentikan al-Qur’an.
• Menganalisis Bukti Kebenaran Al-Qur`an.

D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular

• Pengertian al-Qur`an dari segi etimologi. Beberapa ulama mempunyai pandangan yang berbeda: Pertama, cara membacanya apakah memakai hamzah نآرقلا) atau tidak (ُنرقلا) dan kedua, apakah al-Qur`an itu musytāq ataukah kata bukan.
• Para ulama yang mengatakan bahwa cara melafalkan al-Qur`an tidak dengan menggunakan hamzah pun terpecah dalam dua kelompok.
– Sebagian diantara mereka, di antaranya adalah Al-Asy’āri mengatakan bahwa kata al-Qur`an diambil dari kata kerja qa-ra-na (نرق) yang berarti (menyertakan) karena al-Qur`an menyertakan ayat, surat dan huruf-huruf.
– Al-Farrā’ menjelaskan bahwa kata al-Qur`an dari kata dasar qarā’in (نئرق) yang artinya adalah tanda atau penguat karena al- Qur’an terdiri dari ayat-ayat yang saling menguatkan dan terdapat kemiripan antara ayat satu dengan ayat yang lain.
• Pendapat lainnya mengatakan bahwa al-Qur`an merupakan nama personal (al-‘ālamas-syakhsyi), bukan merupakan derivasi (musytāq)
• al-Qur`an merupakan kitab yang keasliannya dijamin oleh Allah, dan ia adalah kitab yang selalu dipelihara sebagaimana difirmankan dalam QS. al-Hijr [15]: 9.
• Abdurrazāq Nawfal, dalam al-Ῑjāz al-’Adady li al-Qur’ān al-Karim mengemukakan beberapa contoh tentang bukti kebenaran al-Qur`an dengan memaparkan keseimbangan- keseimbangan dalam al-Qur`an:
– Keseimbangan antara jumlah bilangan kata dengan antonimnya.
– Keseimbangan jumlah bilangan kata dengan sinonimnya/makna yang dikandungnya. c. Keseimbangan antara jumlah bilangan kata dengan jumlah kata yang menunjuk kepada akibatnya.
– Keseimbangan antara jumlah bilangan kata dengan kata penyebabnya, dan lain-lain.
• Beberapa bukti kebenaran al-Qur’an yang lain adalah:
– Berdasarkan pemberitaan-pemberitaan gaib.
– Berdasarkan Isyarat-isyarat ilmiah
2. Materi pembelajaran remedial
• Beberapa bukti kebenaran al-Qur`an yang lain
3. Materi pembelajaran pengayaan
• Kandungan al-Qur`an mencakup banyak hal, dari hubungan manusia dengan Allah Swt., hubungan antar-manusia dan hubungan dengan alam semesta. Menurut Muhammad Abduh (w. 1323 H/1905 M) dalam Tafsir al-Manār, kandungan al-Qur`an terdiri dari:
– At-Tauhīd (Ajaran Ketauhidan)
– Al-Wa’d wal Wa’īd (janji terhadap mereka yang taat dan peringatan bagi yang membangkang)
– Al-‘Ibādah (Ibadah)
– Sabīlus Sa’ādah (Penjelasan tentang jalan menuju kebahagian dunia dan akhirat)
– Al-Qasas (kisah-kisah umat terdahulu)

F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
Media :
• Worksheet atau lembar kerja (siswa)
• Lembar penilaian
• Laboratorium komputer sekolah atau warnet
• Perpustakaan sekolah
Alat/Bahan :
• Penggaris, spidol, papan tulis
• Laptop & infocus
• Slde presentasi (ppt)
Sumber Belajar :
• Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
• Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
• Al-Qur’an dan Terjamahanya
• Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
• Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
• Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran

G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Spiritual 
1) Observasi
Mengamati sikap peserta didik dalam melakukan diskusi yang mencakup kesantunan, percaya diri dan kemampuan bermusyawarah
2) Jurnal (anecdotal record)
3) Penilaian diri sendiri (self assessment) :
Melatih peserta didik untuk menilai dan mengevaluasi diri sendiri
4) Teman sebaya (peer assessment)
Melatih peserta didik untuk jujur dan obyektif

b. Penilaian Kompetensi Sosial
1) Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
Kejelasan dan kedalaman informasi
Keaktifan dalam diskusi
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
2) Jurnal
3) Penilaian diri sendiri
4) Teman sebaya
c. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
d. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menuliskan ayat-ayat yang berisi tentang mu’amalah.
Menuliskan hasil pengamatan perlakuan umat islam disekitarnya terhadap hadis.
2) Portofolio / unjuk kerja
Membuat paparan tentang pengertian al-Qur’an, kandungan, dan bukti-bukti keotentikan al-Qur’an.
Membuat paparan analisis dan identifikasi tentang pengertian, kandungan al-Qur’an
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Beberapa bukti kebenaran al-Qur`an yang lain
  • Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh Bapak/Ibu pendidik materi tentang “Mengenal al-Qur`an”. Bapak/ Ibu pendidik akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

RPP TAFSIR ILMU TAFSIR PDF KLIK DI SINI

b. Pengayaan

  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Kandungan al-Qur`an mencakup banyak hal, dari hubungan manusia dengan Allah Swt., hubungan antar-manusia dan hubungan dengan alam semesta. Menurut Muhammad Abduh (w. 1323 H/1905 M) dalam Tafsir al-Manār, kandungan al-Qur`an terdiri dari:
  • At-Tauhīd (Ajaran Ketauhidan)
  • Al-Wa’d wal Wa’īd (janji terhadap mereka yang taat dan peringatan bagi yang membangkang)
  • Al-‘Ibādah (Ibadah)
  • Sabīlus Sa’ādah (Penjelasan tentang jalan menuju kebahagian dunia dan akhirat)
  • Al-Qasas (kisah-kisah umat terdahulu)
  • Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh Bapak/Ibu pendidik berupa pertanyaan-pertanyaan tentang mengenal al-Qur`an (Bapak/Ibu pendidik mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala Madrasah Aliyah                   Guru Mata Pelajaran

……………………………              ……………………….
NIP/NRK.                                         NIP/NRK.