Para pembaca guru.or.id pada artikel ini kami akan membahas kisi-kisi UN SMP/MTs Bahasa Inggris 2020 sekaligus indikator didalamnya. Semoga bermanfaat.
Kisi-kisi UN SMP/MTs Bahasa Inggris 2020
UN (Ujian Nasional) memang belum dimulai. Tetapi, persiapan untuk menuju ujian masih terus diusahakan. Sebelum masuk ke materi kira-kira apa saja yang masuk dalam bagian UN (Ujian Nasional) maka, para pembaca guru.or.id dan khususnya para siswa harus tahu. Agar dapat menyiapkan materi dengan matang sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai. Sebelum masuk ke materi, alangkah lebih baiknya jika para pembaca guru.or.id mengetahui kisi-kisi yang terkait dengan materi.
Dibawah ini, merupakan kisi-kisi UN Bahasa Inggris 2020 untuk SMP/MTs sekaligus indikator yang harus dicapai. Semoga dapat membantu para pembaca semuanya.
Fungsi Sosial (Pengetahuan dan Pemahaman) |
Indikator |
Peserta didik dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi social:
– Topic/isu/masalah – Tujuan – Latar belakang/alasan – Akibat/dampak/manfaat – Sikap/nilai yang diusung – Peran dan fungsi pembicara/penulis – Peran dan fungsi pendengar/pembaca – Konteks penggunaan (tempat, waktu, situasi, dsb.) |
– Peserta didik dapat mengidentifikasi topic/tujuan/latar belakang/dampak/manfaat teks.
– Peseta didik dapat mengidentifikasi informasi tersurat. – Peserta didik dapat mengidentifikasi sikap/nilai dalam teks. – Peserta didik dapat mengidentifikasi peran dan fungsi penulis/pembaca. – Peserta didik dapat mengidentifikasi ide utama paragraph. – Peserta didik dapat mengidentifikasi plot atau alur pikiran dalam teks. – Peserta didik dapat mengidentifikasi rujukan kata dalam teks. – Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan teks terkait. |
Struktur Teks | |
Peserta didik dapat mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
– Pandangan/maksud/pendapat yang menjadi ide utama – Rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, rincian unsur-unsur teks. – Plot, alur pikiran |
|
Unsur Kebahasaan | |
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks ini:
– Persamaan kata/sinonim – Word order – Artikel, demonstrative, possessive pronoun – Agreement dan number – Referensi gramatika – Kata sambung – Preposisi – Referensi makna |
|
Fungsi Sosial
(Aplikasi) |
Indikator
|
Peserta didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan aspek-aspek social:
– Topic/isu/masalah – Tujuan – Latar belakang/alasan – Akibat/dampak/manfaat – Sikap/nilai yang diusung – Peran dan fungsi pembicara/penulis – Peran dan fungsi pendengar/pembaca – Konteks penggunaan (tempat, waktu, situasi, dsb.) |
– Peserta didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan informasi terkait topic/tujuan/latar belakang/dampak/manfaat teks.
– Peserta didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan informasi terkait peran/fungsi penulis/pembaca Peserta didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan kata yang tepat untuk melengkapi kata. – Peserta didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan unsur kebahasaan teks terkait. |
Struktur Teks |
|
– Pandangan/maksud/pendapat yang menjadi ide utama
– Rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, rincian unsur-unsur teks. – Plot, alur pikiran |
|
Unsur Kebahasaan |
|
Peserta didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terjait dengan isi teks berikut ini:
– Persamaan kata/sinonim – Word order – Artikel, demonstrative, possessive pronoun – Agreement dan number – Tense – Passive voice – Referensi gramatika – Kata sambung – Preposisi – Modal – Kalimat conditional – Konstruksi derivative – Referensi makna |
|
Fungsi Sosial (Penalaran) |
Indikator |
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis aspek-aspek fungsi social:
– Topic/isu/masalah – Tujuan – Latar belakang/alasan – Akibat/dampak/manfaat – Sikap/nilai yang diusung – Peran dan fungsi pembicara/penulis – Peran dan fungsi pendengar/pembaca – Konteks penggunaan (tempat, waktu, situasi, dsb.) |
|
Struktur Teks |
|
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan makna antar bagian-bagian dalm teks:
– Pandangan/maksud/pendapat yang menjadi ide utama – Rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, rincian unsur-unsur teks. – Plot, alur pikiran |
|
Unsur Kebahasaan |
|
Peserta didik dapat membandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini:
– Persamaan kata/sinonim – Word order – Artikel, demonstrative, possessive pronoun – Agreement dan number – Tense – Passive voice – Referensi gramatika – Kata sambung – Preposisi – Modal – Kalimat conditional – Konstruksi derivative – Kalimat, frasa, ungkapan simpulan – Referensi makna |
– Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis topic/tujuan/latar belakang/dampak teks.
– Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis informasi terkait peran/funsi penulis/pembaca. – Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan terkait ide utama, plot, alur pikiran dalam teks. – Peserta didik dapat menyimpulkan informasi tersirat dalam teks. – Peserta didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan kata yang tepat untuk melengkapi teks. – Peserta didik dapat membandingkan, mengidentifikasi, dan menjelaskan unsur kebahasaan teks terkait. |
Demikian kisi-kisi Kisi-kisi UN SMP/MTs Bahasa Inggris 2020 sekaligus indikatornya. Selamat belajar dan tentunya, jangan lupa dibagikan kepada teman guru yang lainnya.