All for Joomla All for Webmasters

Metode-metode Pembelajaran IPS Menyenangkan

metode-Pembelajaran-IPS-Menyenangkan.jpg

Metode-metode Pembelajaran IPS bervariasi mulai dari yang konvensional maupun metode Pembelajaran IPS Menyenangkan bagi siswa.

Sebelum membahas metode Pembelajaran IPS Menyenangkan ada baiknya kita ulas sedikir mengenai pengertian metode pembelajaran, dan juga metode Pembelajaran IPS yang umum dilakukan oleh guru IPS.

Metode adalah cara yang dianggap efisien yang digunakan oleh guru menyampaikan suatu mata pelajaran tertentu kepada siswa agar tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya dalam proses kegiatan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif. Sehubungan dengan pemilihan metode dalam pengajaran IPS, perlu diketahui tujuan pengajaran IPS menurut Edwin Fenton adalah: (1) pemerolehan pengetahuan, (2) pengembangan keterampilan inkuiri, (3) pengembangan sikap-sikap dan nilai.

Metode-metode pengajaran IPS yang konvensional antara lain:

  1. Metode Ceramah

Metode ceramah merupakan metode yang umum dipakai. Dengan metode ceramah dapat menyampaikan pengetahuan faktual yang banyak dan generalisasi-generalisasi, namun kesemuanya ini tidak berarti banyak jika tidak ada gambaran kongkret dalam bentuk contoh dan peragaan (model, tiruan, gambar, dll).

  1. Metode Diskusi

Jika metode ceramah dinilai belum cukup, maka setelah selesai berceramah dapat diikuti dengan diskusi antara guru dengan siswa atau siswa dengan siswa. Masalahnya, apakah siswa SD telah memiliki pembendaharaan pengetahuan faktual dan mengerti konsep-konsep atau generalisasi yang cukup untuk turut aktif dalam diskusi. Selain itu, jumlah siswa yang banyak dalam kelas menjadi masalah tersendiri untuk membuat semua siswa ikut bicara dalam diskusi dengan alokasi waktu pelajaran yang terbatas.

  1. Metode Tanya Jawab

Metode ini berlangsung dalam interaksi antara guru dengan siswa setelah guru selesai berceramah. Siswa mengajukan pertanyaan dan guru menjawabnya atau dapat juga dijawab oleh siswa lain, dan sebaliknya guru yang bertanya dan siswa yang menjawab. Beberapa bentuk pertanyaan adalah sebagai berikut:

  1. Pertanyaan mengingat/ hafalan
  2. Pertanyaan deskriptif
  3. Pertanyaan menjelaskan
  4. Pertanyaan sintesis
  5. Pertanyaan memilih
  6. Pertanyaanterbuka

metode Pembelajaran IPS Menyenangkan misalnya :

Metode Proyek

Proyek di sini adalah semacam “penelitian” yang dilakukan di luar kelas/sekolah, dilaksanakan secara individu atau kelompok dan membuat laporan dari hasil pengamatan untuk dibawa dan dibicarakan di kelas.

Metode karya wisata

Siswa dibawa mengunjungi objek-objek pemukiman transmigran, situs sejarah, panti sosial, dan sebagainya. Selain rekreasi, siswa juga bisa belajar dari tempat yang mereka kunjungi (mencakup aspek kognitif dan afektif)

Metode Bermain Peran (Role-playing)

Di dalam metode ini melibatkan aspek kognitif (problem solfing) dan afektif (sikap, nilai-nilai pribadi atau orang lain, membandingkan dan mempertentangkan nilai-nilai, mengembangkan empati dan sebagainya).

Metode Demonstrasi

Metode demonstrasi yaitu merupakan format belajar mengajar yang secara sengaja, menunjukan atau memperagakan tindakan, proses atau prosedur yangdilakukan oleh guru atau orang lain kepada seluruh atau sebagian siswa.Metode demonstrasi disertai dengan penjelasan, ilustrasi, dan pertanyaan lisanatau peragaan secara tepat. (dalam Canci, 1986 : 38). Langkah – langkah pelaksanaan metode demonstrasi : a. Persiapan, b. Pelaksanaan c. Tindak lanjut (follow up)

Rating:

Incoming search terms:

  • https:://guru pembelajaran
  • metode pembelajaran ips
guruorid

About guruorid

Tim Redaksi guru.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one × = 8

Top
Penting untuk tahu:close