All for Joomla All for Webmasters

Orang-orangan Sawah Berbasis SMS karya Siswa SMK di Wonogiri

orang-orangan-sawah-berbasis-sms-_160915164714-135.jpg

Sungguh kreatif anak-anak SMK Wonogiri ini mampu membuat Orang-orangan Sawah Berbasis SMS. Orang-orangan sawah biasa digunakan petani untuk menakut-nakuti dan mengusir burung dan hama sawah agar tak merusak hasil tanam. Orang-orangan sawah juga kerap dilengkapi lonceng sehingga menghasilkan bunyi. Untuk membuatnya bergerak biasanya petani mengikatkan tali pada orang-orangan sawah dan menariknya dari kejauhan. atau cara sederhana lainnya dengan memanfaatkan angin.

Tapi orang-orangan sawah yang dibuat oleh sekelompok siswa SMK dari Wonogiri tak memerlukan hal itu. Walaupun tanpa bantuan angin, dan tanpa ditarik menggunakan tali manual, orang-orangan sawah tetap dapat bergerak dan efektif mengusir burung dan hama sawah lainnya.

Mereka ialah siswa dari SMK N 2 Wonogiri yang berhasil menciptakan orang-orangan sawah berbasis Short Message Service(SMS). Cara kerjanya cukup sederhana. Orang-orangan sawah dihubungkan dengan receiver dan Arduino. Arduino merupakan pengendali mikro single-board dan dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Arduino ini juga sudah dipasang kartu provider.

Usai menerima pesan, arduino menggerakan motor yang berfungsi menarik tuas dan sudah terhubung langsung dengan orang-orangan sawah. “Petani dengan ponselnya tinggal SMS saja ke nomor kartu yang sudah dipasang di arduino itu, secara otomatis orang-orangan sawah akan bergerak sendiri. Jadi diam di rumah pun petani bisa mengusir hama,” kata Anhar Mufti, salah satu siswa perancang orang-orangan sawah berbasis SMS kepadaRepublika.co.id Kamis (15/9) siang.

Hal serupa juga berlaku untuk menghentikan gerak orang-orangan sawah.Untuk menghasilkan bunyi-bunyian, orang-orangan sawah juga dilengkapi lonceng. Untuk membuat alat tersebut ia bersama tiga temannya hanya menggelontorkan kocek sebesar Rp 500 ribu rupiah saja. Kendati demikian ia mengungkapkan inovasinya itu ke depannya dapat dikembangkan sehingga petani dapat mengatur waktu untuk mengerakan dan mematikan orang-orangan sawah secara otomatis.

“Kalau saat ini untuk menyalakan dan mematikan perlu dua kali SMS, kemungkinan bisa satu kali SMS kita harus atur dulu timernya,” kata dia.

Demikian berita kreativitas Siswa SMK Wonogiri, semoga menginspirasi pelajar lain di Indonesia.

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/16/09/15/odjhia368-siswa-smk-di-wonogiri-buat-orangorangan-sawah-berbasis-sms Siswa SMK di Wonogiri Buat Orang-orangan Sawah Berbasis SMS

Rating:
guruorid

About guruorid

Tim Redaksi guru.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


6 − one =

Top
Penting untuk tahu:close