Menu

Pengertian dan Contoh Rencana Kerja Tahunan (RKT) Tahun 2019/2020

Pengertian dan Contoh Rencana Kerja Tahunan (RKT) Tahun 2019/2020, Semua guru – guru kelas maupun guru bidang study diwajibkan ada di dalam sekolah yang membuat program kerja yang nantinya dapat digunakan oleh para guru sebagai acuan kegiatan di sekolah bersama siswa – siswinya tentunya setiap program kerja yang dibuat oleh para guru haruslah mendapatkan persetujuan dari kepala sekolah supaya nantinya program kerja yang dibuat oleh para guru tidak berbenturan dengan rencana kerja tahunan sekolah ini.
Download Contoh RKT

Pengertian RKT – Rencana Kerja Tahunan : Turunan dari Rencana Kerja

Sebelum masuk ke RKT kita ketahui dulu Pengertian Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah(RKAS)

Berdasarkan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMP, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

RKT (Rencana Kerja Tahunan) Sekolah adalah rencana kerja yang digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan sekolah selama 1 tahun.  Adanya RKT penting dimiliki untuk memberi arah dan bimbingan para pelaku sekolah dalam rangka menuju perubahan atau tujuan sekolah yang lebih baik (peningkatan, pengembangan) dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan.

Oleh adanya RKT diharapkan dapat dijadikan sebagai: (1) pedoman kerja untuk perbaikan dan pengembangan sekolah, (2) sarana untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah, serta, (3) bahan untuk mengajukan usulan pendanaan pengembangan sekolah/madrasah.

Tujuan Penyusunan RKT adalah sebagai berikut :

1. Menjamin agar perubahan/tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil;
2. Mendukung koordinasi antar pelaku sekolah;
3. Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antar sekolah dan dinas pendidikan;
4. Menjamin keterkaitan antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan;
5. Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat;
6. Menjamin tercapainya penggunaan sumberdaya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.
Rencana kerja tahunan guru tentunya harus dibuat sebelum memulainya tahun ajaran baru sehingga para guru – guru nantinya bisa lebih fokus dalam memberikan materi pelajaran kepada siswa – siswinya disekolah sehingga target meteri yang akan diberikan kepada siswa – siswinya dapat terpenuhi.
Contoh Rencana Kerja Tahunan SD/MI  – kami berikan kepada kawan – kawan guru yang sekiranya belum membuat ataupun belum mempunyainya dan kami juga sudah membuat file ini dalam bentuk format word sehingga akan lebih mudah diedit oleh guru, untuk dapat memiliki file yang kami berikan ini tentunya kawan – kawan guru haruslah mendownloadnya terlebih dulu.
Contoh Rencana Kerja Tahunan SD/MI Tahun 2019/2020 – yang telah kami bagikan semoga dapat membantu kawan – kawan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia dan semoga apa yang sudah kami bagikan dapat meringankan beban kerja kawan – kawan guru semuanya. Jika dirasa file yang telah kami berikan ini banyak manfaatnya maka tidak ada salahnya jika kawan – kawan membangikannya kepada teman – teman guru yang belum memiliki file seperti itu. Artikel-artikel tentang administrasi sekolah bisa di baca di : Artikel Pengajaran atau Download administrasi guru

Incoming search terms:

  • Contoh RKT sd 2019
  • program kerja tahunan kepala sekolah tahun 2019/2020

Tim Redaksi guru.or.id

No comments

Leave a Reply


eight − 3 =