All for Joomla All for Webmasters

Sekolah UN Berbasis Komputer Ingin Jaminan Keamanan dari Hacker

un-online-2016.jpg

Senin 4 April Sekolah setingkat SMA mulai melaksanakan Ujian Nasional, Sekolah penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berharap jaminan sistem keamanan server pusat dari serangan Hacker agar server utama tersebut benar-benar aman dari usaha peretasan.

Penyelenggaran UNBK di Ungaran Jawa Tengah, Yakni, Penanggungjawab IT SMKN 1 Bawen, Andi Wisnu Ariyanto mengakui, sampai sejauh ini persiapan untuk pelaksanaan UNBK ini belum pernah menyinggung persoalan sistem penjagaan terhadap upaya peretasan.

Malahan untuk antivirus pun, seperti malware dan lain- lainnya, justru memang tidak diaktifkan. “Sehingga dari segi keamanan saya kira rawan sekali untuk bisa ditembus peretas (hacker -red),” ujarnya, di sela simulasi pelaksanaan UNBK, di SMKN 1 Bawen, Rabu (30/3).

Andi juga mengakui, pihaknya sebagai salah satu penyelenggara UNBK di Kabupaten Semarang, telah menjalankan berbagai ketentuan sesuai dengan apa yang telah ditentukan dari pusat.

Sehingga persoalan keamanan program ini sangat bergantung dari sistem keamanan program dari server di pusat. Sekolah penyelenggara hanya mengikuti standar operasional dan prosedur (SOP) untuk perangkat lunak maupun perangkat keras yang harus dipersiapkan.

“Sejauh ini untuk urusan keamanan sistem server dari para peretas memang belum sampai ke sana. Sehingga apakah program ini anti bajakan atau sulit dibajak kami juga tidak bisa memastikan,” tegasnya.

Namun begitu, ia tetap yakin untuk program UNBK ini para teknisi IT di pusat sudah memikirkan masalah keamanan ini. Namun penting mengupayakan tingkat keamanan yang lebih baik agar kemungkinan tersebut sangat kecil.

Adanya kemungknan dibajak atau diretas masih sangat bisa. Menurut dia peretasan atau pembajakan seperti ‘di atas langit masih ada langit’. Mencoba mengalahkan suatu sistem bisa merupakan sebuah kebanggaan bagi paraperetas. dalam kesempatan lain, Ketua Panitia UN Kota Semarang, Sutarto mengatakan, sedikitnya 17 sekolah di Kota Semarang siap menggelar UN dengan sistem online ini. Ke-17 sekolah ini terdiri atas tujuh SMA dan 10 SMK.

Ke-tujuh SMA yang melaksanakan UNBK ini meliputi SMAN 1, SMAN 3, SMAN 5, SMAN 8, SMA Nasima, SMA Semesta, SMA dan SMA Bina Bangsa. Kemudian untuk tingkat SMK penyelenggara UNBK kali ini meliputi SMK Negeri 2, SMKN 3, SMKN 7, SMKN 8, SMKN 11, SMK Teuku Umar, SMK texmaco, SMK IPT Karangpanas, SMK Terang Bangsa dan terakhir SMK Bagimu Negeriku.

Demikian semoga penyelenggaraaan UNBK berjalan lancar diseluruh penjuru negeri sehingga pendidikan di Indonesia semakin maju kedepannya. Jangan lupa adik-adik yang besok ujian segera belajar dan semoga sukses UNBK banyak latihan UNBK dengan Program simulasi UNBK (Sumber : Republika, gambar: tribun)

Rating:

Incoming search terms:

  • Simulasi unbk kabupaten semarang
guruorid

About guruorid

Tim Redaksi guru.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 + = thirteen

Top
Penting untuk tahu:close