All for Joomla All for Webmasters

Sembilan Siswa Berkebutuhan Khusus (ABK) Siap Ikuti UN Tanpa Alat Bantu

ujian-nasional-tingkat-sma.jpg

ujian nasional 2013

SLEMAN — Sebanyak sembilan siswa berkebutuhan khusus (ABK) siap ikuti UN tanpa alat bantu.¬†Sembilan siswa SMA berkebutuhan khusus di wilayah Sleman akan mengikuti ujian nasional (UN) April 2013 mendatang tanpa menggunakan alat bantu. Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman telah menyiapkan pendampingan khusus dan tambahan waktu bagi mereka. Kendati demikian mereka siap untuk hadapai Ujian Nasional tanpa alat batu.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Sleman, Arif Haryono, ada delapan siswa tunanetra di MAN Maguwoharjo dan satu siswa menderita penglihatan lemah di SMK Muhammadiyah Cangkringan.

Meskipun tidak ada alat bantu braile, namun,pihaknya telah menyediakan petugas khusus yang akan membacakan soal. “Untuk low vision, kami akan perbesar hurufnya di soal,” kata Arif pada Republika, Selasa (19/3).

Dia menambahkan, mereka nantinya juga akan mendapatkan tamabahan waktu selama 45 menit, dengan ruangan terpisah. Menurut Arif, perlakuan tersebut dinilai sudah mencukupi kebutuhan siswa tersebut.

Ketua Komisi D DPRD Sleman, Sofyan S Darmawan mengatakan, untuk siswa berkebutuhan khusus memang perlu ada perlakuan khusus. Siswa yang mengalami penglihatan lemah juga harus mendapat sarana pendukung guna membantu proses pengerjaan soalnya. Demikian semoga Siswa bekebutuhan khusu mampu mengerjakan Ujian Nasional dengan sebaik-baiknya di manapun ia berada di negeri ini.

Source: republika

guruorid

About guruorid

Tim Redaksi guru.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 − = six

Top
Penting untuk tahu:close