Menu

Cara Mengubah Dokumen Word ke PDF dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Mengubah dokumen MS Word ke PDF tidaklah sulit. Dokumen PDF kini semakin banyak digunakan untuk berbagai keperluan, karena dianggap memiliki kelebihan ketimbang dokumen dalam bentuk Microsoft Word. Paling sederhana, dokumen PDF terkesan lebih utuh, dan tidak mudah untuk diedit.

Kelebihan Portable Document Format (PDF) adalah sifatnya yang self contained alias mandiri, tidak terpengaruh oleh perangkat yang digunakan untuk mengelola. Sehingga ketika dibuka di perangkat apapun bentuknya tetap utuh. Berbeda dengan dokumen Word misalnya, jika dibuka dalam perangkat yang tidak memiliki jenis font yang sama, maka font akan berubah.

Selain itu, PDF juga bisa menkompres file dalam ukuran besar. Misal, kita membuat tulisan di word kemudian diberi ilustrasi gambar atau foto. Ketika disimpat dalam bentuk PDF, ukuran filenya akan jauh lebih kecil.

Kelebihan atau bisa juga masuk kategori kekurangan PDF adalah tidak mudah diedit. Sehingga jika terdapat kesalahan, maka proses editingnya mesti melalui berbagai langkah.

Untuk membuat dokumen dalam bentuk PDF, tidak seperti ketika mengetik dalam MS Word. Sehingga proses pembuatan dokumen tetap menggunakan MS Word baru kemudian dikonversi atau diubah ke dalam bentuk PDF. Berikut adalah beberapa cara mengubah MS Word ke PDF baik secara online maupun offline.

Mengubah Dokumen ke PDF Secara Online
Untuk melakukannya, syarat utama kita harus terhubung dengan jaringan internet. Prosesnya sangat tergantung dengan bandwit dan ukuran dokumen yang akan diubah. Umumnya langkahnya melalui tahapan Upload Dokumen dan Download hasil PDF.
Beberapa website yang menyediakan menu ubah file ke PDF secara gratis dan tanpa harus login terlebih dahulu antara lain.

1. IlovePDF.Com
Situs ini memiliki tampilan yang semakin bagus dan mudah digunakan. Cukup banyak diminati, apalagi setelah smallpdf.com sempat mengubah kebijakannya untuk login terlebih dahulu dengan beberapa syarat.

Untuk mengaksesnya cukup masuk ke website www.ilovepdf.com kemudian masukkan dokumen yang akan diubah. Pilih konversi dan tunggu sampai selesai. File PDF kemudian bisa diunduh.

2. SmallPDF.com
Memiliki tampilan mirip dengan IlovePDF.com, tetapi sempat ditinggalkan para peminatnya saat mengubah kebijakan untuk registrasi. Kemudian hari kebijakan tersebut diubah kembali. Kini smallPDF.com bisa diakses secara gratis.

3. FreePDFConvert.com
Untuk mengaksesnya bisa masuk ke situs www.freepdfconvert.com kemudian upload dokumen. Pilih dokumen word yang akan diubah. Proses konversi akan otomatid berjalan, jika sudah selesai bisa langsung unduh dokumen PDF.

Mengubah Word ke PDF Secara Offline
Kelebihan cara ini tidak memerlukan jaringan internet sehingga bisa dilakukan kapanpun. Selain itu juga relative lebih cepat.
Pada MS Word sebetulnya telah disediakan menu untuk menyimpan dokumen dalam bentuk PDF. Tetapi pada versi-versi terdahulu belum tersedia sehingga kesulitan mengubah ke dokumen PDF.

Jika sudah terdapat fasilitas save as PDF, maka langkah yang harus dilakukan cukup mudah.
Ketika menyimpan dokumen pilih Save As, kemudian pilih type dokumen PDF.
Atau melalui menu Microsoft Print to PDF (lihat gambar)

Mengubah MS Word ke PDF

Untuk melakukannya bisa menyimak video berikut.

Eko Triyanto
“Jika aku belum bisa berbuat baik, biarlah kutuliskan kebaikan-kebaikan orang lain, yang padanya aku berharap akan menumbuhkan kebaikan.”

No comments

Leave a Reply


three × = 18

Mainan Edukatif