Menu

Kemenag DIY Launching PPDB Online, Sejarah Baru untuk Madrasah DIY

Yogyakarta – Untuk Pertama Kali, PPDB Madrasah Aliyah DIY Tahun Pelajaran 2020/2021 menggunakan sistem online. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Drs. Edhi Gunawan, M. Pd.I. secara resmi melakukan launching situr resmi yang akan digunakan dalam proses penerimaan peserta didik khususnya jenjang Madrasah Aliyah, Senin (15/6/2020).


Dalam kesempatan tersebut Kakanwil menyambut antusias. Menurutnya layanan online dalam proses PPDB akan meningkatkan branding madrasah yang pada muaranya bisa meningkatkan animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka di madrasah. “Kami menyampaikan selamat atas terselenggaranya PPDB secara serentak untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah secara online, sehingga bisa menjadi branding madrasah dan menarik minat masyarakat,” ungkap Edhi.

Ia pun memberikan apresiasi karena kekompakan dan kerja sama dari semua komponen madrasah, baik tenaga kependidikan, pendidik dan kepala madrasah sehingga mampu melahirkan inovasi dalam PPDB kali ini. “Kanwil Kemenag DIY mendukung penuh agar PPDB serentak kali ini bisa berjalan dengan sukses,” tandas Edhi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Muntolib, S.Ag. dalam sambutannya mengungkapkan PPDB serentak untuk madrasah ini merupakan yang kedua se-Indonesia setelah DKI Jakarta dan baru pertama kali dilakukan di DIY. Ia pun beterima kasih kepada semua pihak yang terlibat mempersiapkan program tersebut.

Muntolib pun menyebut tujuan dilakukan PPDB Online kali ini adalah untuk meningkatkan mutu madrasah melalui seleksi input siswa yang terukur. “Melalui PPDB Online dan serentak kali ini diharapkan mampu menjaring input siswa madrasah yang bermutu,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Seksi Kurikulum Kanwil Kemenag DIY, Anita Isdarmini, M. Hum, menguraikan PPDB serentak pertama kali ini dimulai melalui jalur prestasi dan tahfid atau santri. Selain itu tidak ada zonasi, calon siswa bisa dari mana saja bahkan dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri.

 

“Sistem rayonisasi, terbagi dalam rayon kabupaten dan setiap calon siswa berhak memilih di madrasah negeri dan dua madrasah swasta,” rinci Anita.

Launching PPDB Online tersebut dilakukan secara virtual menggunakan Aplikasi Zoom. Ikut bergabung dalam kesempatan tersebut Kepala Kanwil, Kabag TU, Kepala Kankemenag, Kabid Pakis, Kasi pada Bidang Dikmad, Kasi pada Bidang Pakis, Kasi Dikmad Kabupaten/kota, Kasi Pakis/Pais Kabupaten/Kota, Ketua Pokjawas DIY, Ketua Pokjawas Kabupaten/Kota, Kepala MAN dan Kepala MTsN Se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

Waktu Pelaksanaan PPDB Madrasah di DIY

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun ajaran 2020/2021 dilakukan secara online. Khususnya untuk jalur prestasi dan tahfidz.

Untuk jenjang MA proses pendaftaran akan dimulai pada 15-17 Juni 2020, sedangkan pengumuman pada 18 Juni 2020. Daftar ulang akan digelar pada 18-20 Juni 2020.

Untuk jenjang MTs Pendaftaran dibuka mulai 15-20 Juni 2020, pengumuman 22 Juni 2020 dan daftar ulang 22-24 Juni 2020.
Pendaftaran untuk hari terakhir dibatasi sampai dengan Jam 12.00 WIB.

Dengan adanya PPDB Online ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat untuk memilih pendidikan terbaik bagi putra-putrinya. [e]

Eko Triyanto
“Jika aku belum bisa berbuat baik, biarlah kutuliskan kebaikan-kebaikan orang lain, yang padanya aku berharap akan menumbuhkan kebaikan.”

No comments

Leave a Reply


6 − two =

Mainan Edukatif