Home Download Instrumen Evaluasi Pengembangan Silabus MTs/MA - Download Bukti Fisik Akreditasi

Instrumen Evaluasi Pengembangan Silabus MTs/MA – Download Bukti Fisik Akreditasi

Berikut ini Download Bukti Fisik Akreditasi standar proses no 10, Instrumen Evaluasi Pengembangan Silabus MTs/MA – Form Bukti Fisik Akreditasi.

Dengan adanya contoh bukti fisik akreditasi 2021 ini, semoga sekolah yang tahun ini melakukan akreditasi mendapatkan hasil yang maksimal dan meningkatnya mutu lembaga pendidikan.

Download Bukti Fisik Akreditasi STANDAR PROSES, intrumen akreditasi no 10.

10. Sekolah/madrasah mengembangkan silabus yang memuat komponen:
(1) identitas mata pelajaran, (2) identitas sekolah/madrasah, (3)
kompetensi inti, (4) kompetensi dasar, (5) materi pokok, (6) kegiatan
pembelajaran, (7) penilaian, (8) alokasi waktu, (9) sumber belajar.

Berdasarkan Instrumen akreditasi terbaru yakni 2017. Perangkat Akreditasi 2017 merupakan satu kesatuan yang terdiri atas instrumen, petunjuk teknis, data pendukung, dan sistem penskoran. Proses penyusunan dan pengembangan Perangkat Akreditasi 2017 membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun melalui tahapan kajian/penyusunan naskah akademik, uji coba di provinsi, expert judgement, validasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), penyelerasan dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, dan diskusi dengan Balitbang Kemendikbud serta pihak-pihak terkait lainnya.
Perangkat Akreditasi 2017 berbeda dengan Perangkat Akreditasi sebelumnya.

Pertama, dari sisi rujukan. Perangkat Akreditasi 2017 mengacu kepada Undangundang Sistem Pendidikan Nasional 20/2003, Peraturan Pemerintah yang terkait dengan pendidikan, Standar Nasional Pendidikan (SNP), Peraturan dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta peraturan kependidikan lain yang terkait. Kedua, dari sisi jumlah butir dan metode penyajian. Perangkat Akreditasi 2017 memiliki jumlah butir pernyataan yang lebih relevan dan koheren. Masingmasing pernyataan disertai dengan petunjuk teknis, data pendukung dan bobot butir yang jelas sehingga memudahkan sekolah/madrasah, asesor dan pengguna.

Selain itu dapat dikurangi semaksimal mungkin perbedaan pemahaman dan penilaian antara sekolah/madrasah dengan asesor untuk menjamin objektivitas hasil penilaian. Ketiga, pemeringkatan dan hasil akreditasi. Perangkat Akreditasi 2017 memiliki skor pemeringkatan yang lebih tinggi, dan hasil Akreditasi yang meliputi nilai, peringkat, dan predikat. Pada Perangkat Akreditasi sebelumnya hasil akreditasi hanya menyebutkan nilai dan peringkat. Keempat, teknik pengolahan data dengan Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (SisPenA SM) berbasis web responsive yang dapat juga diakses dari berbagai perangkat mobile (smartphone, tab, dll.) untuk mempercepat dan mempermudah penyajian hasil Akreditasi.

Berikut ini Download Bukti Fisik Akreditasi standar proses no 10

Demikian artikel Download Bukti Fisik Akreditasi standar proses no 10 dapat kami ulas, semoga menjadi artikel yang bermanfaat bagi anda dan sekolah anda. Untuk Dokumen Bukti Fisik akreditasi 2021 yang lain selain Instrumen Evaluasi Pengembangan Silabus MTs/MA – Bukti Fisik Akreditasi adna bisa buka di kolom download.

Avatar
guruorid
Tim Redaksi guru.or.id

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


+ 3 = five