Menu

Kemenag Gelar Seleksi Masuk MAN Insan Cendekia Pertengahan Januari 2020

Seleksi MAN Insan Cendekia 2020 – Kementerian Agama (Kemenag) kembali membuka seleksi nasional masuk ke MAN Insan Cendekia. MAN Insan Cendekia (IC) merupakan madrasah aliyah negeri setingkat SMA yang dikelola oleh Kementerian Agama. Lembaga ini berusaha memadukan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dengan iman dan takwa (Imtaq). MAN IC telah terbukti mampu menghasilkan lulusan di atas rata-rata, untuk itu seleksi masuknya pun terbilang ketat. Selama menempuh pendidikan, para siswa tinggal di asrama, dan mendapatkan beasiswa penuh atau sebagian.

Lahirnya MAN Insan Cendekia tidak bisah dilepaskan peran teknokrat jenius Indonesia, BJ Habibi. Semula Habibi ingin ada sekolah yang bisa mencetak para lulusan yang mahir dalam bidang ilmu pengetahuand an teknologi. Maka bersama BPPT kemudian merancang SMU Insan Cendekia pada 1996. Lembaga tersebut dinamakan Magnet School yang kemudian berganti nama menjadi SMU Insan Cendekia.

Sejak tahun pelajaran 2000/2001 pengelolaan SMU Insan Cendekia dilimpahkan kepada Departemen Agama (Kementerian Agama) dengan tetap mempertahankan cirri utama sebagai sekolah yang memadukan Iptek dan Imtaq. Pada tahun 2001 nama SMU berubah menjadi MAN dan hingga kini disebut MAN Insan Cendekia yang tersebar di 23 tempat di Indonesia.

Seleksi Masuk MAN Insan Cendekia

Setiap tahun Kemenag menggelar seleksi masuk ke MAN Insan Cendekia yang disebut Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia. Untuk tahun ini proses pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 13 Januari hingga 4 Februari 2020
Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama, Dr. Ahmad Umar, MA belum lama ini mengungkapkan MAN Insan Cendekia berbasis asrama sehingga diharapkan mampu memiliki keunggulan kompetitif di bidang sains teknologi, mampu berbahasa asing dan kuat dalam karakter.
MAN Insan Cendekia termasuk madrasah unggulan sehingga peminatnya selalu mebludak. Untuk itu menurut Umar, seleksinya sengaja dibuka secara online agar bisa diakses dari berbagai daerah.

“Pendaftaran secara online ini bertujuan agar jangkauannya bisa luas, bisa diakses oleh siapa saja. Pendaftaran seleksi ini mengikuti prinsip transparansi, akuntabel dan objektif,” papar Umar di Jakarta, Sabtu (04/01) seperti dikutip kemenag.go.id.

MAN Insan Cendekia membuka kesempatan masuk melalui seleksi jalur tes dan jalur prestasi, Tes tulis diadakan dengan Computer Base Test (CBT). Sedang jalur prestasi terbuka bagi siswa yang memiliki prestasi di tingkat nasional. Jalur ini terbatas hanya maksimal 10% dari kuota yang ada.

Tahapan Seleksi MAN Insan Cendekia

Seleksi berkas dilakukan dari 20 Januari – 8 Februari 2020.
Pengumuman kelulusan jalur prestasi pada 10 Februari 2020.
Pengumuman hasil seleksi berkas jalur tes tertulis, pada 15 Februari 2020
Tes tertulis berbasis CBT akan digelar 22-23 Februari
Pengumuman kelulusan jalur tes pada 7 Maret 2020

Untuk informasi selengkapnya bisa mengakses https://madrasah.kemenag.go.id/snpdb2020/ppdb/daftar/man_ic

Semoga bermanfaat [e]

Eko Triyanto
“Jika aku belum bisa berbuat baik, biarlah kutuliskan kebaikan-kebaikan orang lain, yang padanya aku berharap akan menumbuhkan kebaikan.”

No comments

Leave a Reply


2 + = five

Mainan Edukatif