Home Pengajaran Materi Seni Budaya Kelas X Semester 2 : Pengertian Pameran

Materi Seni Budaya Kelas X Semester 2 : Pengertian Pameran

Materi Seni Budaya Kelas X Semester 2 : Pengertian Pameran

Di dalam artikel ini kita akan mambahas materi Pelajaran Seni Budaya SMA Kelas X Semester 2. Materi ini berdasarkan buku dari kemdikbud yakni Buku Elektronik Interaktif Kemdikbud, 2020-11-13.

materi Pertama yang akan di pelajaran dalam artikel  guru.or.id ini adalah definisi pameran dalam matapelajaran seni budaya. Kegiatan pameran tidak pernah lepas dari kegiatan seni dan budaya sehingga mempelajari pengertian pameran sangatlah penting.

Dari pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:

  1. Mengidentifikasi pengertian pameran seni rupa,
  2. Mengidentifikasi fungsi, jenis, tujuan, juga manfaat pameran seni rupa
  3. Membandingkan jenis pameran seni rupa,
  4. Mengungkapkan jenis, fungsi, tujuan dan manfaat pameran seni rupa
  5. Menyusun rencana pameran seni rupa,
  6. Mempersiapkan penyelenggaraan pameran seni rupa,
  7. Mengkomunikasikan kegiatan pameran seni rupa
  8. Melaksanakan pameran seni rupa
  9. Menyusun laporan kegiatan pameran seni rupa

Supaya siswa lebih mudah memahami tentang pameran karya seni rupa, bacalah paparan tentang pameran karya seni rupa berikut ini meliputi pengertian pameran, tujuan, fungsi, manfaat, perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pameran. Lalu, siswa diharapkan bisa mencari informasi tentang halhal yang berkaitan dengan pameran karya seni rupa di media cetak maupun elektronik.

PENGERTIAN PAMERAN

Definisi Pameran adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan perupa ke pada publik melalui media karya seninya.

Dengan kegiatan ini diharapkan terjadi komunikasi antaran perupa yang diwakili oleh karya seninya dengan pengepresiasi. Ini sejalan dengan definisi yang diberikan Galeri Nasional bahwa: “Pengertian pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.” ( sumber : http://www.galeri-nasional.or.id)

Adanya penyelenggaraan pameran dalam konteks pembelajaran seni budaya bisa dilakukan di sekolah maupun oleh masyarakat di luar sekolah. Untuk Penyelenggaraan pameran di sekolah menyajikan materi pameran berupa hasil studi para siswa dari kegiatan pembelajaran kurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada akhir semester atau akhir tahun ajaran. Konteks pameran dalam arti luas, di masyarakat, materi pameran yang disajikan berupa berbagai jenis karya seni rupa untuk diapresiasi oleh masyarakat luas.

Demikialan pengertian pameran yang harus diketahui oleh siswa dalam pelajaran seni budaya.

Incoming search terms:

  • RINGKASAN MATERI pAMERAN SENI rUPA KELAS X SEMESTER 2
  • seni pameran kls x semester2 2
Avatar
guruorid
Tim Redaksi guru.or.id

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


seven − = 4