Menu

Mencari Referensi Lebih Terjamin, Lima Tips Manfaatkan Google Schoolar

Mencari Referensi Lebih Terjamin dengan Google Schoolar atau biasa juga disebut Google Cendekia. Google Schoolar merupakan fasilitas yang disediakan oleh Google untuk menampung berbagai tulisan khususnya terkait dengan dunia akademis baik berupa jurnal, karya ilmiah, hasil riset, buku dan bahan-bahan literasi lainnya yang menjadi rujukan dalam penulisan karya ilmiah maupun keperluan akademik.

Bagi para mahasiswa, dosen atau akademisi, Google Schoolar merupakan fasilitas yang sangat bermanfaat karena bisa mendapatkan bahan bacaan layaknya di perpustakaan. Secara canggih Google telah memfilter sehingga yang tampil di Google Schoolar relative akurat ketimbang di pencarian Google biasanya.

Google Schoolar dibuat oleh Anurag Acharya, seorang akademisi yang kemudian bergabung dengan Google pada tahun 2000. Setelah melakukan pengembangan maka Google Schoolar resmi diluncurkan pada 20 November 2004.

Fasilitas yang disediakan memungkinkan pengguna untuk menyarih bahan yang dibutuhkan dengan berbagai filter, misalnya tahun. Jika Anda hanya ingin mencari jurnal pada rentang tahun tertentu, maka tinggal gunakan fasilitas penelusuran lanjutan dan isikan beberapa kategori yang ingin dicari.

Lebih lengkapnya, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba saat menggunakan Google Schoolar:

Tips menggunakan google scholar

Pertama, untuk pencarian yang spesifik gunakan penelusuran lanjutan atau advanced search. https://scholar.google.com/

Kedua, membuat perpustakaan pribadi. Ini memudahkan ketika kita akan mencari kembali bahan-bahan yang dibutuhkan dengan cepat. Karena semua tersedia dalam koleksi pribadi. Untuk memanfaatkan fasilitas ini, Anda harus membuat akun dengan menggunakan email dari gmail.

cara menggunakan google scholar

Ketiga, menghidupkan notifikasi. Ini berguna bagi Anda yang biasa membutuhkan informasi terbaru yang sedang menjadi kajian di berbagai jurnal yang ada. Dengan memanfaatkan menu ini, informasi terbaru akan diberitahukan kepada Anda.

Keempat, mengutip dengan cepat. Di bawah ringkasa artikel akan terdapat tanda (“) kutip. Jika diklik maka akan muncul referensi semacam catatan kaki dari sumber tulisan sehingga memudahkan kita untuk mengutip.

cara menggunakan google scholar

Kelima, mencari artikel terkait. Ini bisa dengan cepat dilakukan dengan mengklik tulisan artikel terkait yang berada di bawah ringkasan tulisan.

Banyak manfaat dari Google Schoolar khususnya dalam dunia akademis. Bagi Anda guru, dosen, mahasiswa atau peneliti silakan bisa memanfaatkan Google Schoolar. [e]

Eko Triyanto
“Jika aku belum bisa berbuat baik, biarlah kutuliskan kebaikan-kebaikan orang lain, yang padanya aku berharap akan menumbuhkan kebaikan.”

No comments

Leave a Reply


4 × = thirty two

Mainan Edukatif