Menu

Penjelasan dan Contoh RPP 1 Halaman Madrasah ala Menteri Nadiem

Bapak Ibu guru, berikut adalah penjelasan dan Contoh RPP 1 Halaman Madrasah ala Menteri Nadiem.

Adanya penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadi salah satu inisiatif Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam mengeluarkan kebijakan pendidikan “Merdeka Belajar”. Pendapat Mendikbud, inisiatif penyederhanaan RPP ini didedikasikan untuk para guru agar meringankan beban administrasi guru. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sebelumnya terdiri dari belasan komponen, kini disederhanakan menjadi tiga komponen inti yang dapat dibuat hanya dalam satu halaman seperti tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan penilaian pembelajaran.

Adanya kebijakan baru tentang penyederhanaan RPP ini, guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada Siswa. Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak tenaga dan waktu . Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid. Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuat sebelumnya, atau bisa juga memodifikasi format RPP yang sudah dibuat.

Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan kompetensi dasar dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tetap memuat komponen keterampilan abad 21 seperti Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), 4C (Literasi, Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, dan Communication), serta Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Sementara, penilaian pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan tiga bentuk penilaian abad 21 seperti assessment for learning, assessment as learning dan assessment of learning.

Untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 halaman harus memperhatikan butir-butir instrumen akreditasi seperti siswa menunjukkan kompetensi abad ke-21 yang meliputi kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, berpikir kritis, dan mencipta. Pada proses pembelajaran dikembangkan aktivitas literasi dan keterampilan tingkat tinggi sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun.

Akhirnya semoga contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 halaman ala Menteri Nadiem ini dapat membantu pendidik dan tenaga kependidikan dalam melakukan tugas pokoknya di antaranya pendidik menggunakan RPP sebagai pedoman dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas, kepala madrasah dan pengawas menggunakan RPP sebagai pedoman melakukan kepengawasan akademik kepada gurunya.

Semoga bermanfaat, Penjelasan dan Contoh RPP 1 Halaman ala Menteri Nadiem ini.

Donwload Penjelasan dan Contoh RPP 1 Halaman ala Menteri Nadiem

https://drive.google.com/file/d/1uWFnwctEVmKwxl-NeUx3QLTPFuHyycSo/view?usp=sharing

Avatar
Tim Redaksi guru.or.id

No comments

Leave a Reply


one + = 7

Mainan Edukatif