Menu

Rekomendasi Tempat Wisata Kulon Progo – Akhir Pekan? Istirahatkan Badan dan Pikiran

Rekomendasi Tempat Wisata Kulon Progo – Akhir Pekan?

Istirahatkan Badan dan Pikiran

“Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menikmati akhir pekan bersama mereka yang merindukan dekap pelukan (baca:keluarga).”

Padatnya aktivitas tentunya menguras banyak sekali tenaga. Aktivitas fisik yang melelahkan juga berakibat pada kelelahan pikiran. Karena melakukan aktivitas yang monoton, semakin lama juga akan mengalami tingkat kebosanan tertentu—sekali pun itu adalah tanggungjawab yang harus dilakukan, seperti pekerjaan, sekolah, atau jenis kesibukan lainnya.

Rekreasi adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Bagaimana tidak, melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan atau jarang sekali dilakukan barangkali akan menjadikan sesuatu yang menyenangkan dan berharga. Seperti halnya anak kecil, yang selalu menantikan weekend tiba agar bisa bermain bersama teman-temannya di rumah. Hal ini juga sebagai gambaran seorang guru, pekerja kantoran, atau pekerjaan lainnya yang mengharuskan meninggalkan keluarga tercinta di rumah untuk mengerjakan sebuah kewajiban. Terlebih, untuk Anda yang sudah memiliki keluarga. Apa pun itu, jangan lupa piknik, biar tidak panik.

Salah satu tempat yang memiliki daya tarik tinggi ialah Kulon Progo. Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tempatnya berada di sebelah barat kota Yogyakarta. Kabupaten Kulon Progo memiliki daratan, dataran, dan pegunungan. Di setiap sudutnya memiliki sisi keindhan tersendiri.

Untuk semua pembaca good reader, ini lah beberapa rekomendasi tempat wisata menarik yang bisa di kunjungi tanpa banyak tapi. Karena lokasi satu dengan yang lainnya tidak jauh. Tentunya yang instagramable dan kekinian banget. Untuk Anda yang merindukan hangatnya bermain dengan keluarga dan orang tercinta:

  1. Waduk Sermo

Siapa yang tidak tahu Waduk Sermo? Waduk Sermo berada di kecamatan Kokap, Kulon Progo. Lokasi yang berfungsi sebagai penampung air ini ternyata memiliki destinasi wisata tersendiri. Tidak lain adalah pemandangan yang mampu menghipnotis masyarakat. Dengan hanya membayar biaya retribusi Rp 10.000,00 pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang asri. Selain itu, menyediakan tempat untuk ngecamp dengan pemandangan yang bisa mendapat kehangatan dengan keluarga dan kerabat semakin hangat.

waduk-sermo

  1. Kalibiru

Lokasi Kalibiru berada di atas pegunungan dan tidak jauh dari Waduk Sermo. Objek wisata ini sangatlah populer dan sudah banyak masyarakat manca yang berkunjung. Kalibiru juga terkenal dengan pemandangannya yang eksotis, karena ada gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat bagian daratan, termasuk Pantai Glagah. Selain itu, juga menyediakan tempat untuk outbond dan spot foto yang menarik.

kalibiru

Dengan hanya membayar Rp 10.000, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang menawan. Jika ingin berfoto di setiap spot-spot foto Anda harus membayar kurang lebih Rp 10.000,00.

  1. Kedung Pedhut

Udara panas dan pengen mandi? Nah, objek wisata ini sangat cocok untuk Anda yang ingin sekali menikmati air asli dari pegunungan. Lokasi ini ada di pegunungan di wilayah Samigaluh, Kulon Progo, memang lebih banyak waktu dan tenaga untuk sampai kesana. Karena lokasinya yang berada di atas, hal ini membuat perjalanan cukup panjang. Selama di perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang masih alami dan asri. Tetapi, Anda tidak akan menyesal kalau sudah sampai di lokasi.

kedung-pedhut

Disini, juga ada wahana flying fox untuk melatih adrenalin Anda dan bisa diabadaikan dengan fotografer yang sudah tersedia di tempat. Di Kedung Pedhut ini, seakan Anda menemukan apa yang dicari selama ini.

  1. Grojogan Sewu

Lokasi ini tidak jauh dari Kedung Pedhut. Tempat ini berlokasi di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Grojogan Sewu juga bisa menjadi salah satu alternatif tempat weekend Anda yang bernuansa air. Anda bisa berenang, berendam untuk menyegarkan fisik dan pikiran Anda setelah beraktivitas panjang.

grojogan-sewu

  1. Pantai Glagah

Siapa yang tidak tahu Pantai Glagah? Pantai yang sangat dekat dengan bandara baru di Kulon Progo ini sangatlah terkenal dengan pemecah ombak dan Pelabuhan Adikarta yang tak lain bisa digunakan sebagai salah satu spot foto yang bisa di gunakan oleh Anda sekalian.

pantai-glagah

 

Anda sebagai pecinta senja bisa menikmati sun set dengan menyenangkan di bibir pantai atau bisa juga di daerah pemecah ombak. Jangan lupa berkunjung, ya?

Di Pantai Glagah juga menyediakan berbagai cendera mata sebagai oleh-oleh wisatawan, hasil olahan laut sampai dengan pakaian sebagai ciri khas Pantai Glagah. Dengan hanya mengeluarkan Rp 5.000,00 Anda bisa menikmati akhir pekan dengan keluarga tercinta.

  1. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove Kulon Progo ini terletak di sebelah barat dekat dengan perbatasan Purworejo. Tepatnya, ada di Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kulon Progo.

Fungsi dari Hutan Mangrove sendiri ialah sebagai pemecah gelombang. Karena masyarakat mampu memanfaatkan potensi yang ada. Hutan Mangrove menyediakan spot  foto yang menarik dan instagramable, seperti miniatur menara eiffel, rumah kerang, jembatan api-api, dan masih banyak spot foto lain yang terbuat dari bambu. Spot foto tersebut akan jauh lebih menarik karena ada background Pohon Mangrove yang hijau dan suasana langit yangg cerah. Ngga percaya? Mari, dicoba.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati kapal yang berlayar mengelilingi sekitar. Hanya dengan Rp 10.000,00 Anda dapat menikmati lebih lama Hutan Mangrove Kulon Progo. Tidak usah takut kalau perut kosong, disana juga ada tempat makan yang menjajakan makanan ringan dan berat.

Itu tadi beberapa destinasi alam yang bisa dijadikan pilihan di akhir pekan. Akhir pekan? Istirahatkanlah badan dan pikiran bersama mereka yang selalu menunggu kepulangan Anda. Sebentar saja, di waktu senggang yang ada.

 

No comments

Leave a Reply


+ 4 = ten