Menu

Tidur Terlalu Lama Ternyata Berbahaya

Pembaca guru.or.id, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang pola tidur yang berlebihan. Nah, bagaiman akibatnya? Mari simak ulasan di bawah ini.

Tidur Terlalu Lama Ternyata Berbahaya

GURU.OR.ID—Social distancing atau yang dikenal dengan physical distancing barangkali menimbulkan rasa bosan. Jam tidur yang biasanya kurang, saat ini sebagian orang bisa melakukannya dengan lebih lama. Namun, perlu diketahui bahwa tidur yang terlalu lama tidak baik untuk kesehatan.

Sesuatu hal yang dilakukan secara berlebihan memang tidak baik, misalnya makan dengan berlebihan. Tentu hal tersebut akan mengganggu keseminbangan berat badan jika tidak diimbangi dengan olah raga yang cukup. Begitu juga dengan tidur terlalu lama, bisa menyebabkan beberapa bahaya untuk kesehatan. Maka dari itu kita tidak boleh menyepelekan walaupun saat ini Anda memiliki banyak kesempatan untuk bisa tidur dengan nyaman.

Menjaga kesehatan yang ideal adalah tanggungjawab setiap individu. Di kondisi seperti saat ini, sebagian orang baru menyadari bagaimana pentingnya menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental.

Aktivitas tidur seseorang tergantung pada usia, aktivitas, dan kesehatan. Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda. Waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa yaitu Antara 7 sampai 9 jam. Sedangkan untuk lanjut usia sekitar 7 sampai 8 jam.

Tanpa Anda sadari bahwa pola tidur yang tidak baik akan berdampak pada kesehatan Anda. Ketika tidur di atas rata-rata lamanya waktu yang ideal, tak terasa hal ini bisa menyebabkan sakit kepala, sakit punggung dan lainnya. Alih-alih disebabkan aktivitas lain, padahal gangguan tersebut akibat dari aktivitas tidur yang terlalu lama. Di bawah ini bahaya tidur terlalu lama yang mungkin bisa Anda rasakan:

  1. Obesitas

Yang bisa Anda rasakan ialah obesitas. Penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang biasa tidur malam lebih lama di luar batas idealnya, aktivitas ini cenderung akan mengalami obesitas. Jadi, obesitas tidak melulu makan terlalu banyak tetapi juga bisa disebabkan oleh tidur yang terlalu lama.

Hal ini juga bisa terjadi, pada kondisi seseorang yang kurang tidur.

 

  1. Sakit kepala

‘Kaum rebahan’ yang lebih suka tidur daripada melakukan aktivitas lain, bisa mengalami sakit kepala. Karena sering tidur terlalu lama pada siang hari dengan adanya kondisi social distancing seperti sekarang ini banyak yang menggunakan waktunya untuk tidur siang.

Sering tidur siang terlalu lama pada siang hari, sehingga menyebabkan sulit tidur pada malam hari, akan membuat sakit kepala. Hal lain yang tidak kita ketahui ialah bahwa tidur terlalu lama dapat mempengaruhi kerja senyawa kimia di otak.

 

Di luar kendali kita, bukan? Maka dari itu tidak usah berlebihan dalam menggunakan porsi tidur.

 

  1. Sakit punggung

Jangan salah, sakit punggung yang biasanya dialami oleh orang dewasa, ternyata ini juga bisa dialami oleh siapapun. Bahaya ini dikarenakan oleh aktivitas tidur yang berlebihan.

 

Salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit ini yakni dengan mengurangi jam tidur yang berlebihan dan mulai membiasakan tidur secara normal dengan jumlah jam ideal.

  1. Diabetes

Bukan hanya karena pola makan yang tidak tepat, tidur melebihi batas normal pun bisa menyebabkan diabetes.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan tidur berlebihan atau terlalu lama dapat memicu timbulnya diabetes. Yakni berisiko pada gangguan pengaturan kadar gula darah yang ada pada tubuh.

 

  1. Gangguan mental

Kesehatan fisik akan mempengaruhi kesehatan mental. Padahal di situasi seperti sekarang ini (re:social distancing) kesehatan jiwa adalah hal utama yang perlu dijaga.

 

Anda boleh tidur, namun dengan kadar secukupnya. Mereka yang mengalami insomnia, depresi, dan ganggung tidur yang lain memiliki hubungan yang erat dengan pola tidur.

 

Perlu Anda ketahui bahwa orang depresi ini mengalami masalah tidur terlalu lama. Hal ini juga bisa menyebabkan pada tubuh yang mudah lelah, gangguan memori, dan rasa cemas.

 

Oleh karena itu, pentingnya memperhatikan jam tidur yang ideal sangat perlu dilakukan. Anda bisa memperbaiki waktu tidur yang terlalu lama menjadi sesuai batas idealnya.  Anda bisa mengaturnya dengan membuat jadwal tidur, olahraga yang seimbang, dan menghindari hal-hal yang bisa membuat Anda bisa tidur terlalu lama.

 

Demikian bahaya dari tidur yang terlalu lama. Semoga dapat menjadi jalan perubahan kualitas tidur bagi pembaca guru.or.id. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan kepada teman guru yang lainnya.

 

Ayo, kurangi tidur. Mulai biasakan tidur dengan teratur!

 

 

Incoming search terms:

  • gangguan mental guru

No comments

Leave a Reply


9 + nine =

Mainan Edukatif