Menu

Tutorial Cara Menggunakan Webex Pasti Bisa

Begini Cara Menggunakan Webex, Aplikasi Video Conference Gratis dari Cisco yang Lebih Aman!

Akibat WFH kita jadi dipaksa belajar menggunakan aolikasi online video conference kan? Kali ini kita akan memperkenalkan Webex atau Cisco Webex Meeting aplikasi video conferece yang berasal dari pengembang Cisco.

Kalau membandingkan antara Webex vs Zoom, keduanya sama-sama memiliki fitur terbilang mirip dan cukup membantu selama bekerja dari rumah atau work from home.

Dari mulai tersedia secara multiplatform, bisa digunakan gratis, dan mampu menampung 100 orang peserta dalam melakukan sekali pertemuan.

Berikut ini Tutorial Cara Menggunakan Webex Pasti Bisa!

1. Cara Daftar Menjadi Host Meeting di Webex

Pertama dan mungkin membuat banyak orang bingung saat pertama kali menggunakan aplikasi ini adalah mengenai cara menjadi host di Webex.

Melakukan pendaftaran akun Webex ini terbilang cukup ribet dan nggak sesimpel Zoom. Namun jauh lebih aman, karena kamu perlu membuat URL meeting khusus terlebih dahulu.

Untuk caranya kamu bisa ikuti langkah-langkah seperti di bawah ini. Jaka sarankan untuk mendaftar lewat laptop!

Langkah 1 – Daftar Menjadi Host di Webex

    • Pertama kali, kamu harus mendaftar akun Webex untuk menjadi host meeting nantinya. Kamu tinggal mengunjungi situs Webex berikut (https://cart.webex.com/sign-up).
    • Pada kolom yang tersedia, kamu masukkan alamat email yang mau didaftarkan dan klik Sign Up.

Langkah 2 – Masukkan Data Pendukung

  • Lalu kamu masukkan region asal dan juga nama lengkap, jika sudah klik Continue.

Langkah 3 – Cek Email dari Cisco Webex Meeting

  • Setelah itu Webex akan mengirim email konfirmasi ke alamat yang sudah kamu daftarkan tadi. Cek email dari Webex dan klik pada tombol Create Password.

Langkah 4 – Atur Password Akun Webex

  • Kemudian atur password akun Webex yang hendak kamu buat. Pastikan email yang tertera sesuai dengan yang kamu daftarkan. Jika sudah klik Continue.

Langkah 5 – Daftar Host di Aplikasi Webex Berhasil

  • Jika kamu sudah mencapai halaman berikut, berarti cara menjadi host di Webex sudah berhasil, geng. Di sini kamu bisa mencatat URL yang Jaka tandai, di mana berfungsi sebagai meeting room nanti.

2. Cara Menggunakan Webex di HP Android & iPhone

Karena biasanya digunakan meeting sambil mengetik di laptop, ada juga beberapa orang yang lebih memilih pakai aplikasi Webex di HP mereka.

Baik Android dan iPhone, kamu bisa mengikuti cara menggunakan aplikasi Webex di HP seperti pada langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1 – Download Aplikasi Webex di HP

  • Download aplikasi Webex di HP untuk para pengguna Android yang bisa kamu dapatkan melalui tautan berikut. Sementara untuk iPhone, kamu bisa langsung download lewat App Store ya.

Download Webex for Android via Google Play Store

Langkah 2 – Mulai Join Meeting Tanpa Registrasi

  • Untuk kamu peserta meeting, kamu juga bisa bergabung tanpa registrasi dengan ketuk menu Join Meeting.
  • Lalu masukan URL yang dibagikan oleh host dan masukkan nama serta alamat email. Jika sudah kamu tinggal ketuk Join.

Langkah 3 – Login Akun Webex di HP

  • Kalau kamu mau menjadi host meeting Webex di HP, pertama kali kamu harus login terlebih dulu dengan ketuk tombol Sign In pada halaman muka. Masukkan alamat email terdaftar dan ketuk Next.

Langkah 4 – Pilih Situs Webex dan Masukkan Password

  • Langkah selanjutnya adalah memilih situs Webex yang sudah dibuat otomatis sebelumnya dan masukkan password dari akun kamu yang terdaftar, geng.

Langkah 5 – Mulai Membuat Meeting Room Baru di HP

  • Untuk membuat meeting room baru, kamu tinggal ketuk Start Meeting. Kemudian kamu atur terlebih dulu video dan audio baru kemudian bergabung dengan ketuk Start.

Langkah 6 – Bagikan URL dan Meeting Number Webex

  • Untuk mengundang teman untuk bergabung, kamu tinggal ketuk tombol tiga titik pada bagian bawah dan pilih menu Info. Selanjutnya kamu bisa bagikan URL atau Meeting Number, geng.

Langkah 7 – Meeting Webex di HP Berhasil!

    • Beginilah tampilan meeting online menggunakan aplikasi Webex di HP. Bahkan untuk versi aplikasi di iPhone, kamu bisa berganti background dan mengaktifkan kamera depan dan belakang bersamaan, lho.
    • Nah untuk menyelesaikan meeting kamu tinggal ketuk tombol X merah dan kemudian ketuk Leave Meeting untuk meninggalkan meeting room.

3. Cara Menggunakan Webex di Laptop

Untuk urusan meeting yang membutuhkan screen sharing, kamu bisa juga menggunakan Webex di laptop atau komputer yang pastinya sudah harus mendukung webcam dan microphone.

Jika kamu menggunakan PC, pastikan kamu sudah menambahkan webcam, geng. Ataupun kalau nggak punya, kamu bisa menjadikan HP Android sebagai webcam dengan mudah, lho.

Nggak perlu waktu lama lagi, kamu bisa ikuti cara menggunakan Webex di laptop dengan cara berikut.

Langkah 1 – Download Aplikasi Webex di Laptop

  • Pertama, kamu bisa download aplikasi Webex di laptop melalui tautan yang sudah Jaka berikan di bawah ini, geng. Pasang dan buka aplikasi Webex kemudian.

Download Webex for Windows via Situs Resmi

Langkah 2 – Join Meeting Webex Sebagai Guest

  • Jika kamu nggak mendaftar akun Webex, kamu bisa menggunakan opsi Use as guest pada tampilan awalnya. Kemudian masukkan nama dan alamat email, lalu klik Continue as guest.

Langkah 3 – Mulai Bergabung dengan Meeting

  • Jendela baru akan terbuka seperti di bawah ini. Pada kolom Join a Meeting, kamu tinggal masukkan link yang dibagikan oleh host dan klik Join untuk mulai bergabung.

Langkah 4 – Login ke Aplikasi Webex Laptop

  • Untuk kamu yang bertindak sebagai host, masukkan alamat email yang sudah didaftarkan tadi kemudian klik Next.

Langkah 5 – Mulai Membuat Meeting Room Baru

  • Akan muncul sebuah jendela baru dengan tampilan sebagai berikut. Untuk membuat meeting baru, kamu tinggal klik Start a Meeting pada bagian atas.

Langkah 6 – Pastikan Sambungan Video dan Audio

  • Sebelum bergabung, kamu bisa memastikan sambungan video dan audio terlebih dulu apakah berfungsi atau tidak. Jika sudah yakin, kamu tinggal klik Start Meeting.

Langkah 7 – Undang Teman ke Meeting Room

  • Untuk mengundang teman, kamu tinggal bagikan baik itu URL atau Meeting Number yang bisa kamu dapatkan dengan klik ikon “i” pada bagian kiri jendela aplikasi Webex di laptop.

Langkah 8 – Meeting di Aplikasi Webex Laptop Berhasil!

    • Beginilah tampilan aplikasi Webex di laptop saat kamu melakukan meeting. Secara fitur dan antarmuka, kurang lebih mirip seperti yang ditawarkan pada Zoom, geng.
    • Untuk meninggalkan ruangan atau mengakhiri meeting, kamu tinggal ketuk ikon X berwarna merah pada bagian bawah. Mudah banget, kan?
Sumber :
Jalantikus.com
Kanal Pengetahuan FH UGM

Demikian tutorial cara menggunakan Webex di HP dan laptop untuk kamu yang mau meeting online aman dan gratis tanpa perlu berlangganan sepeser pun. Semoga ulasan mengenai Tutorial Cara Menggunakan Webex Pasti Bisa ini bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara menjadi host webex
  • cara webex sebagai guest
  • dynamic background saat webex

Avatar
Tim Redaksi guru.or.id

No comments

Leave a Reply


6 + = thirteen

Mainan Edukatif