Download Docx MODUL AJAR Bahasa Indonesia Kelas XI Materi Berita

modul ajar bahasa indonesia kelas xi materi berita

Kalau anda ingin Download Docx MODUL AJAR Bahasa Indonesia Kelas XI Materi Berita mungkin artikel ini yang anda cari. Modul ajar adalah sebuah dokumen atau bahan pembelajaran yang dibuat untuk membantu para guru dalam mengajar atau siswa dalam belajar tentang suatu materi.Yang artikel ini bahas adalah modul ajar Bahasa Indonesia tentang berita, maka ini adalah sebuah bahan pembelajaran tentang bagaimana membaca, menulis, dan memahami berita dalam bahasa Indonesia. Modul ini mungkin akan membahas topik-topik seperti struktur berita, istilah-istilah yang digunakan dalam berita, cara membuat judul yang efektif, dan cara menyajikan fakta secara obyektif.

MODUL AJAR Bahasa Indonesia

Berikut ini sekilat mengenai MODUL AJAR Bahasa Indonesia Kelas XI Materi Berita. Apabila ingin download modul bahasa indonesia bisa klik link ini : Download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas XI Materi Berita

 INFORMASI UMUM PERANGKAT AJAR

1. Nama Penulis : Nama Guru, S.Pd.
Instansi : SMA Anda
Tahun : 2022
2. Jenjang Sekolah : SMA
3. Kelas : XI
4. Alokasi Waktu : 4 X 45 Menit

 

 TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Fase F

 

  • Elemen : Membaca

 

  • Tujuan Pembelajaran: Melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) peserta didik mampu menganalisis unsur dan struktur berita dengan tepat.

 

  • Indikator Pencapaian Tujuan Pembelajaran:

 

  1. Peserta didik mampu menjelaskan unsur berita dengan benar.

 

  1. Peserta didik mampu memahami struktur berita dengan tepat.

 

  1. Peserta didik mampu menganalisis unsur dan struktur berita dengan tepat.

 

  • Konsep Utama: Menjelaskan, memahami, serta menganalisis struktur dan unsur berita.

 KOMPETENSI AWAL

  1. Peserta didik pada awalnya belum mampu menjelaskan unsur berita dengan benar. Setelah pembelajaran peserta didik mampu menjelaskan unsur berita dengan benar.
  2. Peserta didik pada awalnya belum mampu memahami struktur berita dengan benar. Setelah pembelajaran peserta didik mampu memahami struktur berita dengan benar.

 

  1. Peserta didik pada awalnya belum mampu menganalisis unsur dan struktur berita dengan benar. Setelah pembelajaran peserta didik dapat menganalisis struktur dan unsur berita dengan benar.

 PROFIL PELAJAR PANCASILA

Berpikir kritis dan Mandiri

SARANA DAN PRASARANA

Laptop, Proyektor, Buku teks, White board,

 TARGET PESERTA DIDIK

Seluruh peserta didik reguler, dengan jumlah sebanyak 36 peserta didik.

 MODEL PEMBELAJARAN: Problem Based Learning (PBL)

METODE PEMBELAJARAN:

 

  1. Orientasi

 

  1. Mengorganisasi

 

  1. Membimbing penyelidikan

 

  1. Mengembangkan dan menyajikan

 

  1. Mengevaluasi

 

 MODA PEMBELAJARAN :

Daring

 KOMPONEN INTI

  1. Mampu menjelaskan struktur berita dengan benar.

 

  1. Mampu menyebutkan unsur berita dengan tepat.

 

  1. Mampu mengidentifikasi struktur dan unsur berita dengan benar

 

 PEMAHAMAN BERMAKNA

Dengan mempelajari teks berita, peserta didik akan belajar bagaimana cara membedakan berita yang benar, mengingat berita yang sering beredar di lingkungan kita banyak berita bohong (hoax). Selain dapat membedakan berita benar dan berita bohong, peserta didik mampu menulis berita dan menyampaikan berita benar sesuai dengan struktur dan unsur berita yang tepat. Teks berita memberikan kesempatan peserta didik untuk lebih selektif dan kritis menerima dan membagikan berita. Dengan kemampuan selektif dan kritis memilih berita, peserta didik akan lebih bertanggung jawab atas berita yang mereka buat. Berpikir kritis membuat peserta didik lebih siap untuk mengasah kemampuan hidup berkelanjutan.

 PERTANYAAN PEMANTIK

  1. Apakah yang menjadi berita paling popular selama seminggu belakangan ini?

 

  1. Pernahkah kalian mendengar adiksimba?

 

  1. Mengapa sebuah berita harus memenuhi adiksimba?

 

  1. Menurut kalian, jika sebuah berita tidak memenuhi adiksimba, apa yang akan terjadi?

URUTAN KEGIATAN PEMBELAJARAN:

 

Pertemuan 1

 

 Kegiatan Awal

  1. Guru membagikan tautan Zoom meeting pada What’sApp Group

 

  1. Peserta didik masuk ke dalam pertemuan Zoom meeting

 

  1. Guru melaksanakan presensi kehadiran peserta didik

 

  1. Guru mengarahkan peserta didik untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran
  2. Guru mengingatkan kembali aktivitas pembelajaran yang telah dilaksanakan sebelumnya berkaitan dengan informasi yang akurat dan aktual pada sebuah teks berita

 

  1. Guru mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan hari ini
  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

 

  1. Guru menyampaikan urutan aktivitas pembelajaran yang akan dilaksanakan

 Kegiatan inti

Orientasi

 

  1. Guru memberikan pertanyaan pemantik:

 

  1. Apakah yang menjadi berita paling popular selama seminggu belakangan ini?
  2. Apa yang membuat berita cepat menyebar?

 

  1. Bagaimana menyusun berita yang akurat dan aktual?

 

  1. Tahukah kamu dengan adiksimba?

 

  1. Peserta didik memberikan pengetahuannya berkaitan dengan pertanyaan yang diberikan guru.
  2. Guru meminta peserta didik membuka berita elektronik “Perbedaan SBMPTN

 

dan SNBT 2023, Bagaimana Mekanismenya?” di laman https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-6312575/perbedaan-sbmptn-dan-snbt-2023-bagaimana-mekanismenya dan “Keren! Mantan Sopir Ojol Ini Sukses Buka Warung Yakiniku Halal” di laman https://food.detik.com/info-kuliner/d-6330740/keren-mantan-sopir-ojol-ini-sukses-buka-warung-yakiniku-halal

 

  1. Guru memberikan pertanyaan terkait berita yang sudah dibaca peserta didik

 

  1. Peserta didik menjawab pertanyaan terkait berita yang sudah dibaca
  1. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait unsur berita

 

Mengorganisasi

 

  1. Peserta didik mencari informasi terkait unsur berita

 

  1. Peserta didik menjelaskan unsur berita dengan tepat.

 

  1. Guru mempersilakan peserta didik memilih teman untuk berkelompok yang terdiri dari 5 anggota.
  2. Guru meminta peserta didik berdiskusi menganalisis unsur berita pada teks berita elektronik “Perbedaan SBMPTN dan SNBT 2023, Bagaimana Mekanismenya?” di laman https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-6312575/perbedaan-sbmptn-dan-snbt-2023-bagaimana-mekanismenya dan “Keren! Mantan Sopir Ojol Ini Sukses Buka Warung Yakiniku Halal” di laman https://food.detik.com/info-kuliner/d-6330740/keren-mantan-sopir-ojol-ini-sukses-buka-warung-yakiniku-halal yang dituliskan pada Google

 

Jamboard: https://jamboard.google.com/d/1FgXGKV4rxN3-zSuVZm_5LqRpJ3EIV2UXW8FwyKesLas/edit?usp=sharing

 

  1. Peserta didik berdiskusi menganalisis unsur berita pada teks berita elektronik “Perbedaan SBMPTN dan SNBT 2023, Bagaimana Mekanismenya?” di laman https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-6312575/perbedaan-sbmptn-dan-snbt-2023-bagaimana-mekanismenya dan “Keren! Mantan Sopir Ojol Ini Sukses Buka Warung Yakiniku Halal” di laman https://food.detik.com/info-kuliner/d-6330740/keren-mantan-sopir-ojol-ini-sukses-buka-warung-yakiniku-halal lalu menuliskannya pada Google

 

Jamboard: https://jamboard.google.com/d/1FgXGKV4rxN3-zSuVZm_5LqRpJ3EIV2UXW8FwyKesLas/edit?usp=sharing

 

  1. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menyajikan temuan unsur berita pada teks berita elektronik
  2. Peserta didik menyajikan temuan unsur berita pada teks berita elektronik

 

  1. Peserta didik diberi kesempatan untuk mengapresiasi temannya yang telah menjelaskan temuan unsur berita pada teks berita elektronik
  2. Guru meminta peserta didik menyimpulkan pembelajaran

Demikian sekilas mengenai modul ajar bahasa indonesia kelas XI materi berita, bagi yang ini mendowload modul-modul ajar bahasa Indonesia yang lain silakan klik kategori modul ajar,

Download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas XI Materi Berita