Modul ajar bahasa Indonesia SD kelas 4 adalah sebuah dokumen yang berisi informasi tentang cara mengajar bahasa Indonesia sebagai bahasa pertama atau bahasa kedua bagi siswa kelas 4 sekolah dasar. Dalam artikel ini kami meberikan contoh, Modul yang kami disusun dari berbagai sumber dari guru bahasa Indonesia atau oleh pakar bahasa Indonesia dan berisi materi yang dibutuhkan untuk mengajar bahasa Indonesia kelas 4 SD, termasuk kosa kata, struktur tata bahasa, dan teknik-teknik menulis. Modul ini biasanya digunakan sebagai panduan bagi guru-guru yang mengajar bahasa Indonesia untuk membantu siswa memahami dan menguasai bahasa Indonesia dengan lebih baik.
Diakhir tulisan kita akan membagikan link
DOWNLOAD DOCX MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA 2023 BAHASA INDONESIA SD KELAS 4
MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA 2022
BAHASA INDONESIA SD KELAS 4
INFORMASI UMUM
- IDENTITAS MODUL
Penyusun | : | Nama Guru, S.Pd.SD |
Instansi | : | SDN MOJOROTO 1 |
Tahun Penyusunan | : | Tahun 2023 |
Jenjang Sekolah | : | SD |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Fase / Kelas | : | B / 4 |
Bab I | : | Sudah Besar |
Tema | : | Aku |
Hari/Tanggal | : | |
Alokasi Waktu | : | 6 Minggu |
- KOMPETENSI AWAL
- Peserta didik dapat memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita;
- Peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang;
- Peserta didik dapat membedakan antara kalimat transitif dan kalimat intransitif, serta menggunakannya; dan
- Peserta didik dapat mencari arti kata di dalam kamus dan membuat Proyek Kamus Kelas Empat.
- PROFIL PELAJAR PANCASILA
- Mandiri;
- Bernalar kritis;
- Kreatif;
- SARANA DAN PRASARANA
- Buku Siswa : Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia,
2021, Bahasa Indonesia: Lihat Sekitar, SD Kelas IV, Penulis: Eva Y. Nukman, Cicilia Erni Setyowati
- Buku cerita anak
- Media cetak dan elektronik
- Brosur dan poster tentang hemat listrik
- Internet
- TARGET PESERTA DIDIK
- Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
- Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin
- JUMLAH PESERTA DIDIK
- Minimum 15 Peserta didik, Maksimum 25 Peserta didik
- MODEL PEMBELAJARAN
- Model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan blended learning.
KOMPONEN INTI
- TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Alur Konten Capaian Pembelajaran :
Pertemuan 1
- Memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita serta mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.
Pertemuan 2
- Berbicara dengan santun, menggunakan kata maaf, tolong, permisi, dan terima kasih.
- Berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan tempat berbicara, berbicara dengan jelas sehingga dipahami oleh lawan bicara.
Pertemuan 3
- Mengidentifikasi kalimat transitif dan intransitif di dalam cerita
- Menuliskan kalimat menggunakan tanda baca yang tepat sesuai fungsinya dan sesuai kaidah bahasa Indonesia.
Pertemuan 4
- Membaca dan mengucapkan katakata yang panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf.
- Menyimak dengan saksama dan memahami informasi dalam teks yang dibacakan.
Pertemuan 6
- Menjelaskan makna kosakata baru pada teks yang dibacakan berdasarkan pemahamannya terhadap tulisan dan gambar pendukung.
- Menuliskan kalimat dengan struktur SPOK menggunakan tanda baca yang tepat dan kosakata yang sesuai.
Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 1
- Melalui kegiatan membaca cerita, peserta didik dapat menyimpulkan permasalahan yang dihadapi tokoh dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.
Pertemuan 2
- Melalui kegiatan diskusi, peserta didik mampu mengemukakan pendapat atau menceritakan pengalaman dengan santun.
Pertemuan 3
- Melalui kegiatan mencari kalimat di dalam cerita, peserta didik dapat memahami pemakaian kalimat transitif dan intransitif dengan baik.
- Melalui kegiatan latihan ini, peserta didik dapat menggunakan tanda baca serta kalimat transitif dan intransitif dengan tepat.
Pertemuan 4
- Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang dengan benar.
Pertemuan 5
- Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.
Pertemuan 6
- Melalui kegiatan membuat kalimat, peserta didik menggunakan kosakata baru dalam kalimat dengan benar sesuai ketentuan bahasa Indonesia
- Melalui kegiatan menulis surat, peserta didik dapat menggunakan tanda baca, kosakata baru, dan kalimat transitif dan intransitif dengan tepat.
- PEMAHAMAN BERMAKNA
- Meningkatkan kemampuan siswa tentang memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita serta mengaitkannya dengan pengalaman pribadi;
- Meningkatkan kemampuan siswa tentang membaca dan mengucapkan kata-kata yang panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf; dan
- Meningkatkan kemampuan siswa tentang menulis dengan menggunakan kosakata baru dan kalimat transitif/ intransitif.
- PERTANYAAN PEMANTIK
- Apa saja perubahan pada diri kalian dibandingkan setahun lalu saat kalian di awal kelas tiga ?
- Bagaimana menurut kalian cerita berjudul “Tak Muat Lagi”?
- Diskusikan bersama, seperti apakah hubungan kakak-adik yang baik?
- Apakah baju, sepatu, tas, atau buku kalian dijual, diberikan kepada adik, atau disumbangkan?
- PERSIAPAN BELAJAR
Bab ini dimulai dengan tanya jawab santai tentang diri peserta didik dan perubahan yang mereka alami. Kegiatan pembuka dilanjutkan dengan permainan mengurutkan agar peserta didik bersemangat memulai pelajaran.