All for Joomla All for Webmasters

Ngeblog di Materi PLPG

Guru ngeblogBlog adalah salah satu media yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk melakukan pembelajaran berbasis online. Pada materi PLPG tahun 2010/2011 penyelenggara PLPG di Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan memasukkan materi pembelajaran berbasis online. Materi PLPG  saat persiapan sertifikasi guru di Unimed pada saat itu di rangkum dalam dua buah bundel buku yang sangat tebal sampai dua ratusan halaman. satu bundel tentang pengetahuan kejuruan dan satu bundel tentang pengetahuan pedagogik. Nah pada bundel Pedagogik inilah materi pembelajaran berbasis online dikupas tuntas. Mulai dari macam-macam penyedia blog gratis sampai berbayar, cara daftar blog, melakukan postingan, pengelolaan blog sebagai media ajar online, sampai bagaimana blog bersifat SEO oleh google dan bahkan dikuliti sedikit tentang memanfaatkan blog sebagai earning online.

Tapi dasar, mungkin rekan kita yang ikut PLPG pada saat itu sudah terlalu tua untuk blogger-bloggeran ataupun online lah katanya tetap aja gak mudeng maksudnya. Kedua bundel yang meramu materi PLPG tersebut diserahkan kepada saya untuk dibaca dan dipelajari karena saya pada saat itu belum sertifikasi. Sambil tersenyum saya bergumam dalam hati “walaupun pada belum sertifikasi ternyata kita sudah menerapkan pembelajaran dengan blog”.

Ketika tahun 2012 kemaren, saya mengikuti PLPG di Padang Sumatera Barat, materi tentang pembelajaran berbasis online kok gak ada, bahkan buku panduan yang diberi kepada peserta adalah buku kecil kayak buku anak SD. Pendalaman materi kejuruan pun secuil yang dituliskan. Apa karena penyelenggara lain ya !? Karena Sumatera Utara dan Sumatera Barat berbeda rayonnya.

Ketika PLPG berlangsung kita di beri tugas menyampaikan materi tentang instrumentasi pengukuran, moment inilah saya gunakan untuk mengenalkan gubug kecilku bjgp-rizal kepada rekan-rekan sesama peserta PLPG disana, karena materi itu sudah ada di dalam artikel http://www.bjgp-rizal.com. Pada sesi presentasi kita juga kenalkan website khusus guru di GURARU kepada mereka agar guru yang gemar menulis mau bergabung disana.

Terlepas dari kondisi diatas, apakah guru yang sudah sertifikasi memiliki dan memanfaatkan blog sebagai media online atau tidak, kita tetap berusaha konsisten dengan pengelolaan blog untuk pembelajaran online. Apalagi setelah rekan-rekan di sekolah mengetahui dengan blog kita menjadi salah satu pemenang di GURARU AWARD 2012 dan mendapat rezeki nomplok yang sangat jelas sekali disaksikan oleh rekan guru ketika GURARU memberikan saya sebuah Laptop ACER travelmate kemarin, yang pada awalnya kita di cemoohkan. Saya semakin bersemangat menulis dan berkarya. Rekan guru pun mulai banyak bertanya mengenai blog. Akhirnya virus blogger itu mulai tertular juga,.. heheh..

Incoming search terms:

  • materi guru pembelajaran online
cekgurizal

About cekgurizal

Guru yang Hobby Ngeblog Pembelajaran

2 thoughts on “Ngeblog di Materi PLPG”

  1. cekgurizal cekgurizal says:

    PLPG singkatan dari Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 − two =

Top
Penting untuk tahu:close