All for Joomla All for Webmasters

Pertamina Foundation Buka Beasiswa Sobat Bumi 2016

beasiswa-pertamina-foundation.jpg

JAKARTA — Pertamina Foundation membuka pendaftaran program Beasiswa 2016 yang bernama beasiswa Sobat Bumi yang berfokus bidang pendidikan dan lingkungan hidup di empat perguruan tinggi. Beasiswa ini akan diberikan pada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan kepedulian terhadap lingkungan.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi diberikan kepada mahasiswa/ mahasiswi yang mendukung, menerapkan, serta menciptakan budaya dan kehidupan yang ramah terhadap lingkungan secara konsisten dan berkelanjutan.

Penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi diharapkan menjadi agen perubahan dalam bidang lingkungan, pemberdayaan sosial kemasyarakatan serta dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia.

Pertamina Foundation akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa dan mahasiswi yang berkuliah pada mitra Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia.

  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas lain yang sah dan masih berlaku.
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa/ mahasiswi aktif atau tidak dalam masa cuti dari  Perguruan Tinggi Negeri mitra PF, dibuktikan dengan scan/ foto Kartu Mahasiswa.
  3. Minimal telah menempuh kuliah selama 4 (empat) semester.
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada saat pendaftaran minimal 3.00, dibuktikan dengan scan/ foto dokumen IPK yang diterbitkan pihak berwenang/ fakultas/ universitas).
  5. Tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang/narkoba dan tindak kriminal lainnya, didukung dengan surat pernyataan bermaterai.
  6. Mengisi formulir pendaftaran online pada  beasiswa.pertaminafoundation.org.
  7. Bersedia menjalani proses seleksi yang diselenggarakan oleh Pertamina Foundation.
  8. Melampirkan/ mengirimkan dokumen yang dipersyaratkan/ dibutuhkan.

Umar Fahmi  Ketua Pertamina Foundation menuturkan, beasiswa sobat bumi 2016 menyasar mahasiswa jenjang strata I di empat perguruan tinggi di Indonesia. “Pertamina berkomitmen untuk terus melanjutkan program ini karena kami berharap akan semakin banyak mahasiswa berprestasi yang dapat menjadi agen perubahan dalam masyarakat, khususnya di bidang lingkungan,” kata dia
Umar menjelaskan, Beasiswa Sobat Bumi tidak hanya memberikan bantuan dana untuk pendidikan akademik. Tetapi, juga mengalokasikan anggaran program inisiatif yang diusulkan oleh penerima Beasiswa Sobat Bumi di seluruh Tanah Air Indonesia. Mereka, tergabung dalam Komunitas Sobat Bumi Indonesia.

Umar menyebut, setiap penerima Beasiswa Sobat Bumi mendapat fasilitas untuk bertemu membahas inisiatif pemecahan masalah lingkungan yang ada.

Umar merinci, program beasiswa ini terbuka bagi seluruh mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi mitra Pertamina Foundation, yaitu Beasiswa Universitas Indonesia (UI), Beasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Beasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Beasiswa Universitas Airlangga (Unair). Ia menyebut, program ini menargetkan 15 orang dari masing-masing perguruan tinggi. Para penerima beasiswa, ia mengatakan, akan mendapat bantuan dana mengikuti kegiatan pelatihan kepemimpinan yang peduli dan berbudaya ramah lingkungan.

“Kami percaya bahwa kesuksesan mahasiswa tidak hanya tercermin dari kelancaran menyelesaikan studi di bangku kuliah tapi juga dari karakter kepemimpinan yang kuat yang akan membawa perubahan positif di masyarakat,” tutur Umar.

Ia menjelaskan, calon peserta penerima beasiswan wajib menulis karya bertema ‘Aksi untuk Pelestarian Lingkungan Negeriku’. Serta, pengalaman dalam organisasi sosial dan pelestarian lingkungan. Pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi dimulai pada 5-16 Oktober 2016. Proses pendaftaran akan dilakukan secara daring melalui http://www.beasiswa.pertaminafoundation.org

Bagi yang berminat silakan mendaftar Beasiswa Sobat Bumi Pertamina Foundation Dibuka tahun 2016 ini.

Sumber : Republika, beasiswakarir.com

Rating:
guruorid

About guruorid

Tim Redaksi guru.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 × = nine

Top
Penting untuk tahu:close