Menu

Begini Cara Membuat Kelas di Google Classroom

Adanya pandemi Covid-19 membuat manusia mau tidak mau harus beradaptasi dengan virus SARS-Cov-2 tersebut. Sektor pendidikan juga tidak luput dari dampak pandemi ini. Demi keselamatan, terutama keselamatan peserta didik, sekolah-sekolah dijalankan daring. Hal ini membuat guru harus lebih cepat beradaptasi dengan kelas online, salah satunya Google Classroom. Lalu bagaimana cara membuat kelas di Google Classroom? Simak terus ya.

Sekilas tentang Google Classroom

Google Classroom merupakan salah satu layanan pendidikan yang menjadi produk G-Suite Education. Produk lainnya dari G-Suite, seperti Google Drive, Form, Calendar, Docs, Sheets, Hangouts Meet, Slide, dan Gmail. Karena merupakan satu induk, yakni Google, tentu Google Classroom akan terintegrasi dengan produk G-Suite tersebut.

Sebagai ruang kelas online, Google Classroom memiliki beragam fitur yang tentunya memudahkan pengajar dan siswa dalam pembelajaran. Siswa bisa bergabung ke kelas dengan kode tertentu. Bukan hanya itu, siswa juga bisa mengundang orang lain, misalnya asisten pengajar ke kelas tersebut.

Semua materi dan tugas dalam berbagai format bisa disimpan langsung ke folder penyimpanan Google Drive. Akses materi oleh siswa pun tidak sulit, dan jadwal untuk tugas mendatang bisa diatur di Google Kalender. Tidak lupa juga fitur untuk memudahkan pengajar memantau penyelesaian tugas siswa, pemberian nilai, serta saran secara real-time.

Mulai Menggunakan Google Classroom

Lalu bagaimana cara membuat kelas di Google Classroom? Kalau Anda belum terbiasa menggunakan produk Google satu ini, Anda bisa simak uraian di bawah ini.

Anda bisa mengakses Google Classroom melalui dua cara. Mengakses situs classroom.google.com melalui mesin pencari, atau mengunduh aplikasi Google Classroom di Google Play Store atau Apple Apps Store.

Seperti pada produk google lainnya, Anda akan diminta login melalui akun Google yang sudah Anda miliki. Caranya, klik Get Started, kemudian pilih akun Google akan Anda pakai untuk login.

Cara Membuat Kelas di Google Classroom

Kalau login sudah berhasil, klik ikon tanda plus yang terletak di pojok kanan atas. Akan muncul dua pilihan di layar Anda, yakni pilihan untuk Join Class  atau Create Class. Karena Anda akan membuat kelas, maka Anda harus memilih Create Class.

membuat kelas di google classroom

Setelah pilihan Create Class diklik, ada beberapa hal yang perlu diisi, yakni Class name, Section, Subject, dan Room. Kelas Anda sudah jadi, untuk membagikannya kepada siswa, Anda tinggal bagikan kode kelas tersebut agar siswa Anda bisa bergabung.

Dalam Class ada bagian Classwork. Di situ Anda bisa mengunggah materi, memberikan tugas, hingga memberikan ujian. Ketika Anda memberikan ujian, jangan lupa tetapkan dulu rentang waktu/due dan skor maksimal pada ujian Anda. Klik Assign kalau semua sudah Anda lakukan.

Manfaat dari Google Classroom

Melalui Google Classroom, Anda akan memperoleh manfaat sebagai berikut.

  • Guru dapat membagikan silabus dan materi pelajaran dengan mudah
  • Pengiriman dan pengumpulan tugas dapat dilakukan dengan mudah
  • Bukan hanya menyimak, baik siswa maupun guru juga bisa mengadakan tanya jawab saat pelajaran sehingga kelas lebih interaktif
  • Pengingat tugas dapat dicantumkan di Google Calendar sehingga tidak ada alasan siswa untuk lupa
  • Guru tidak akan kesulitan untuk mengadakan ujian secara daring

Manfaat lain yang tidak kalah penting dari Google Classroom adalah bisa diakses secara gratis, penggunaannya praktis, dan tentunya aman. Jadi sudah mengerti kan sekarang bagaimana cara membuat kelas di Google Classroom? Selamat mencoba.

Incoming search terms:

  • cara cheat ujian di googlr classroom

Avatar
Tim Redaksi guru.or.id

No comments

Leave a Reply


nine − 5 =

Mainan Edukatif