Menu

Jadwal Seleksi CPNS tahun 2019 berdasarkan Surat Edaran MENPAN

Jadwal Rekruitmen dan Seleksi CPNS tahun 2019 berdasarkan Surat Edaran MENPAN

Guru.or.id – Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Bagaimana tidak, menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi salah satu alternatif para lulusan untuk menyambung hidupnya, dengan berbagai macam tunjangann dan jaminan ketika sudah tidak bekerja lagi (re:pensiun).

Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

Jadwal seleksi yang belum pasti membuat masyarakat tidak sabar menanti. Dengan itu, para pembaca Guru.or.id bisa memanfaatkan waktunya untuk menyiapkan segala bentuk macam tes yang akan di uji cobakan, tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD meliputi, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Atau pun dapat menyiapkan persyaratan administrasi seperti scan ijazah, transkrip nilai, KTP, foto pribadi, dan lain sebagainya.

Terlepas dari berbagai isu kapan pembukaan CPNS dibuka, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (MenPan-RB) menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait dengan jadwal pendaftaran dan seleksi CPNS 2019. Surat tertanggal 1 Oktober 2019 diteken SesmenPAN-RB Dwi Wahyu Atmaji itu tidak hanya meminta instansi pusat dan daerah menyiapkan anggaran dan infrastruktur. Dalam SE tersebut juga diselipkan jadwal tahapan pelaksanaan rekruitmen.

Surat edaran tersebut menindaklanjuti surat Keputusan Menteri PANRB Nomor 82 tahun 2019 tentang Perubahan Penetapan dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019, dan memperhatikan usulan kebutuhan/formasi yang disampaikan oleh Kementrian/Lembaga/Pemerintah Daerah melalui sistem elektronik (e-Formasi) sebagian besar perlu penyesuaian dengan Surat Menteri PANRB bernomor B/1007/S.SM.01.00/2019 tentang jadwal tahapan seleksi CPNS 2019, yang diterbitkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Dalam surat edaran tersebut dilampirkan jadwal pelaksaan rekruitmen CPNS 2019 sebagai berikut:

  1. Pengumuman rekrutmen CPNS pada akhir Oktober hingga awal November.
  2. Pendaftaran mulai November.
  3. Pengumuman hasil seleksi administrasi, Desember.
  4. Massa singgah, Januari 2020.
  5. Pengumuman jadwal Seleksi Komtensi Dasar (SKD), Januari 2020.
  6. Pelaksanaan SKD, Februari 2020.
  7. Pengumuman hasil SKD, Maret 2020.
  8. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), Maret 2020.
  9. Integrasi nilai SKD dan SKB, April 2020.
  10. Penetapan NIP dan pengangkatan sebagai CPNS, 2020.

Perlu diketahui bahwa jadwal tersebut bisa berubah kapan saja, menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana. Dia juga menegaskan jadwal tersebut untuk jalur CPNS, bukan untuk Pegawai Pemenrintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pembaca Guru.or.id itu tadi jadwal rekruitmen dan seleksi CPNS 2019. Selamat menyiapkan segala bentuk persiapannya. Selamat belajar kepada siapa pun yang ingin mencobanya. Jangan lupa dibagikan kepada teman-teman yang lainnya. Because we share, we care.

No comments

Leave a Reply


8 × = forty