Menu

Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak Sejak Bayi

Setiap orang ingin memiliki anak yang lahir sempurna dan memiliki tingkat kecerdasan yang baik. Kecukupan nutrisi merupakan salah satu faktor pendukung untuk tumbuh kembang otak anak selama pertumbuhan mereka. Selain pola asuh orang tua yang juga sangat menentukan.

Orang tua zaman dahulu sebetulnya secara turun-temurun memiliki kebiasaan baik yang masih relevan untuk diaplikasikan di masa kini. Misal, ketika ada perempuan yang sedang hamil dianjurkan banyak makan ikan. Secara tidak langsung, nasihat terbut merupakan upaya dalam mencukupi kebutuhan omega 3 bagi jabang bayi yang sedang dikandung.
Berikut beberapa makanan yang dipercaya memberikan nutrisi yang baik untuk kecerdasan anak dan bisa dikonsumsi sejak oleh ibu hamil.

Ikan
Berbagai penelitian menunjukkan ikan memiliki omega 3, yang sangat dibutuhkan guna mendukung perkembangan otak bayi. Karena omega 3 tidak bisa diproduksi dari dalam tubuh.

Ikan laut atau sea food dapat dikonsumsi dua kali sepekan. Bisa juga berupa udang, lobster atau kerang. Hindari ikan-ikan besar hasil tangkapan di lautan yang terkadang justru mengandung mineral berbahaya seperti mercuri.

Telur
Telur merupakan sumber nutrisi yang baik, khususnya protein yang tinggi, vitamin dan omega 3. Bisa dikonsumsi maksimal sehari satu butir dengan dimasak sampai matang. Mengkonsumsi telur setengah matang atau mentah, karena rentan terdapat bakteri. Proses pengelolaan telur di Indonesia seringkali belum higienis, untuk itu sebaiknya telur dimasak terlebih dahulu. Bisa direbus, digoreng, atau dicampur dalam sayur untuk menghindari bosan.

Buah dan Sayur
Sayuran hijau, misalnya Bayam mempunyai kandungan asam folat yang mencegah kerusakan syaraf tulang belakang pada bayi. Sedang zat besi bagus untuk mendukung perkembangan sel-sel otak. Sedangkan buah alpukat juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi.

Kacang-kacangan
Kacang memiliki kandungan protein dan omega 3 sehingga bagus untuk perkembangan otak bayi. Di antara kacang yang memiliki nutrisi tinggi adalah kacang almon. Meskipun demikian, kacang tanah dan sejenisnya juga baik sebagai sumber nutrisi.

Dengan nutrisi yang cukup diharapkan anak bisa tumbuh dengan baik dan memiliki kecerdasan. Tentu pola asuh orang tua juga sangat menentukan, karena orang tua merupakan madrasah/sekolah pertama bagi anak-anak.

Ikhtiar juga harus dibarengi dengan doa. Sebab di atas segala ikhtiar manusia ada Dzat yang Maha Menentukan, yakni Tuhan Yang Maha Esa. [e]

Eko Triyanto
“Jika aku belum bisa berbuat baik, biarlah kutuliskan kebaikan-kebaikan orang lain, yang padanya aku berharap akan menumbuhkan kebaikan.”

No comments

Leave a Reply


8 − = three

Mainan Edukatif