Menu

Puzzle Kayu Geometri untuk Mengenal Bentuk Geometri

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan bahan pembelajaran sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan pebelajar (siswa) dalam kegiatan belajar untuk mencapai
tujuan pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat atau materi lain yang menyajikan bentuk informasi secara lengkap dan dapat menunjang proses belajar mengajar.

 

Pembelajaran dalam pengenalan bentuk geometri pada anak usia dini sangat memerlukan strategi pembelajaran dan media yang tepat, maka untuk memaksimalkan kemampuan anak dalam mengenalkan bentuk geometri dapat
menggunakan media puzzle kayu geometri. Menyusun puzzle bentuk geometri ini dapat meningkatkan kognitif bagi anak apalagi usia dini.

Keterampilan kognitif (cognitive skill) berkaitan dengan kemampuan dalam belajar anak dan memecahkan masalah.
Selain itu dapat meningkatkan keterampilan sosial bagi anak. Dengan menggunakan metode analisis konten dan telaah dokmentasi penelitian ini berusaha mendeskripsikan tentang media puzzle untuk mengenalkan bentuk
geometri kepada anak usia dini.

Puzzle merupakan model teka-teki dengan bentuk menyusun potongan-potongan gambar menjadi kesatuan gambar yang utuh. Selain itu puzzle adalah permainan yang sangat popular, terutama dikalangan anak-anak. Pada umumnya gambar yang digunakan adalah gambar kesuka anak-anak seperti kartun, angka, buah, mobil, hewan, dan lain sebagainya.

Manfaat Permainan Puzzle Bagi AUD

Didalam permainan ada manfaat yang dapat kita ambil dan dibawah ini menjelaskan manfaat puzzle adalah sebagai berikut:

  1. Merangsang motorik halus anak saat menyusun potongan gambar permainan ini juga dapat melatih anak berfikir, yakni mulai melihat potongan bentuk puzzle, memahami bentuknya, dan berupaya menata kembali bentuk tersebut setelah diacak-acak. Aktivitas ini juga mengasah kesabaran anak dalam mencari pemecahan masalah.
  2. Melatih kesabaran. Puzzle juga melatih kesabaran anak dalam menyelesaikan suatu tantangan.
  3. Meningkatkan kemampuan berfikir dan membuat anak belajar berkonsentrasi. Saat bermain puzzle, anak akan melatih sel-sel otaknya untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya dan berkonsentrasi dalam menyelesaikan potongan-potongan kepingan gambar tersebut.
  4. Melatih koordinasi tangan dan mata. Puzzle dapat melatih koordinasi tangan dan mata anak untuk mencocokkan kepingan-kepingan puzzle dan menyusunnya menjadi satu gambar. Puzzle juga membantu anak mengenal dan menghafal bentuk.
  5. Meningkatkan keterampilan kognitif. Keterampilan kognitif (cognitive skill) berkaitan dengan kemampuan dalam belajar dan memecahkan masalah. Puzzle adalah permainan yang menarik bagi anak balita karena ia pada dasarnya menyukai bentuk gambar dan warna yang menarik. Dengan bermain puzzle, anak akan mencoba memecahkan masalah, yaitu menyusun gambar.
  6. Meningkatkan keterampilan sosial. Keterampilan sosial barkaitan dengan kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Puzzle dapat dimainkan secara perorangan maupun berkelompok. Permainan yang dilakukan oleh anak-anak secara berkelompok akan meningkatkan interaksi sosial anak. Dalam kelompok, anak akan saling menghargai, membantu, dan berdiskusi satu sama lain.

Demikin mengenai jurnal Manfaat Media Puzzle untuk Mengenal Bentuk Geometri, yang kami kutip dari tulisan ilmiyah berjudul “Media Puzzle untuk Mengenal Bentuk Geometri” karya Ratna Pangastuti yang dimuat di jurnal Jeced, selamat menemani anak anak kita bermain puzzle kayu geometri.

Avatar
Tim Redaksi guru.or.id

No comments

Leave a Reply


1 × one =

Mainan Edukatif