All for Joomla All for Webmasters

Bingung Mencari File di Internet ?

Sebelum mencari file di Internet dengan efektif dan efisien, maka anda harus mengenal file komputer terlebih dahulu.
Bekerja dengan komputer agaknya kita terlebih dahulu harus mengenal aneka jenis File ( berkas ) komputer. Terkadang kita mendapatkan sebuah file dari orang lain dan kita bingung saat file yang akan kita buka mogok ( tidak bisa dibuka ) dan kita mengganggapnya bahwa file tersebut terkena virus. Hal tersebut adalah permasalahan antara file dan program yang bisa membukanya. Dengan ini penulis akan mencoba menampilkan jenis-jenis file yang bekerja dalam kegiatan komputer. Secara umum file komputer dibedakan menjadi 4 jenis file, yaitu :
1.      File program
2.      File Dokumen
3.      File Multimedia
4.      File Kegunaan Khusus
Didalam penggunaanya, kebanyakan user akan menemui dua jenis file, yaitu file Dokumen dan Fle Multimedia.
1. File Dokumen
File ini sering kita jumpai saat bekerja dengan program kantor ( office). File –file ini memilki ekstensi ( atau berakhiran setelah nama dokumen) “ .doc ”, “.docx”, “ .rtf “ dan “.odt”. File-file tersebut dapat dibuka dengan program seperti : Microsoft Word, Open office writer. Pada tahun 1993 diperkenalkan file format PDF ( Portable Document Format ) dan memilki ekstensi “.pdf ” . File berjenis ini bisa dibuka dengan menggunakan program Adobe reader, foxit reader, sumatra dan sebagainya.
Jika anda bekerja dengan dunia rumus dan hitung, maka kita akan menemui file berekstensi “xls” “xlsx “dan “ods” . File –file tersebut dapat dijalankan dengan program Spreadsheet, seperti Microsoft excel dan open office calc.
File Presentasi. File ini digunakan saat kita melakukan presentasi di kantor atau saat kita menyampaikan pengajaran. File ini berekstensi .”ppt” ,”.pptx” dan “odp” .
2. File Multimedia.
File ini banyak kita temui saat kita melakukan olah gambar. Musik dan video.
a.      File Gambar memilki ekstensi .bmp, .JPEG , .GIF , .PNG, .TIFF, .PSD. File –file tersebut dapat dijalankan dengan menggunakan aplikasi berbasis multimedia gambar yang umum , seperti :Adobe photoshop , Windows Picture Manager, windows Photo Viewer dan  ACD see.
b.      File Musik biasanya berekstensi . wav, .mp3, dan .MIDI. File –file ini dapat dijalankan dengan memutar aplikasi seperti. Winamp, Windows media player, Gom player dan sebagainya.
c.      File Video biasanya berekstensi .3gp , .flv, dan  .mp4. file tersebut bisa diputar setelah terpasang program pemutar video, seperti KMP player , GOM Player , Flv Player dan sebagainya.
Setelah anda sedikit faham dengan jenis-jenis file, maka anda sudah siap untuk berselancar dan mengunduh file di Internet. Untuk mengunduh kita tentukan dulu jenis file yang kita cari, seperti file berjenis .pdf . , karena kita ingin mengunduh atau download, maka kita gunakan rumus seperti dibawah :
Allinurl:XYZ( ketik nama file yang kita inginkan) + Download filetype:pdf
Catatan :
Ø  Kata yang bercetak tebal wajib diketik
Ø  Instal terlebih dahulu aplikasi Download manager, seperti IDM agar proses downlaod cepat.
sopwani

About sopwani

Teaching is the greatest of the human task

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3 × six =

Top
Penting untuk tahu:close