All for Joomla All for Webmasters

Empat Standar Kompetensi Guru : 1 Pengertian Pedagogik

Empat-Standar-Kompetensi-Guru-1-Pengertian-Pedagogik.jpg

Bapak Ibu Guru tentu pernah mendapatkan materi mengenai Empat Standar Kompetensi Guru Profesional Menurut UU, jika mengenyampendidikan kependidikan di perguruan tinggi. Empat Standar Kompetensi Guru Profesional Menurut UU ini sangat penting dimiliki oleh seorang guru.

Apa saja Empat Standar Kompetensi Guru Profesional Menurut UU (Silakan baca : Empat Standar Kompetensi Guru Profesional Menurut UU)

Dalam artikel ini kita hanya akan membahas satu dari Empat Standar Kompetensi Guru Profesional yakni standar kompetensi guru pedagogik. Pedagogik adalah

1) Kompetensi Pedagogik
Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Secara rinci setiap subkompetensi dijabarkan menjadi indikator esensial sebagai berikut;

  • Memahami peserta didik secara mendalam memiliki indikator esensial: memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif; memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip kepribadian; dan mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik.
  • Merancang pembelajaran, termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran memiliki indikator esensial: memahami landasan kependidikan; menerapkan teori belajar dan pembelajaran; menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar; serta menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.
  • Melaksanakan pembelajaran memiliki indikator esensial: menata latar (setting) pembelajaran; dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif.
  • Merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran memiliki indikator esensial: merancang dan melaksanakan evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode; menganalisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery learning); dan memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.
  • Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya, memiliki indikator esensial: memfasilitasi peserta didik untuk pengembangan berbagai potensi akademik; dan memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi nonakademik.

Demikian penjelasan mengenai 4 standar kompetensi guru yakni Kompetensi Pedagogoik

Rating:

Incoming search terms:

  • pengertian standar kompetensi guru
guruorid

About guruorid

Tim Redaksi guru.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× three = 27

Top
Penting untuk tahu:close