All for Joomla All for Webmasters

Wedang Sereh, Antinyamuk

wedang-sereh-bisnis-sampingan-guru.jpg

sumber gambar : opera.com

Wedang Sereh, Antinyamuk

wedang sereh bisnis sampingan guru

sumber gambar : opera.com

Perkembangbiakan nyamuk berlangsung sangat cepat. Demikian juga proses migrasinya. Sehingga, nyamuk tidak hanya tumbuh dan berkembang di hutan tapi juga di rumah-rumah yang indah dan mewah sekalipun. Buktinya, banyak penderita demam berdarah berasal dari keluarga yang tinggal di rumah gedongan.

Gigitan nyamuk memang patut diwaspadai.  Seperti kita ketahui gigitannya bisa membuat seseorang menderita penyakit malaria dan demam berdarah. Kalau tidak segera mendapat pertolongan, tidak mustahil korbannya meregang nyawa. Sudah banyak kasus orang  meninggal karenanya.

Sereh  mujarab menghindari gigitan nyamuk. Sereh merupakan tanaman rempah yang mudah didapat.  Namanya keren Citronela atau Lemon grass. Tanaman ini mirip dengan alang-alang dan acapkali digunakan ibu-ibu sebagai penyedap rasa. Tidak hanya itu, ternyata sereh juga dapat dijadikan minuman obat.

Siapa sangka, sereh, yang mudah didapat karena tumbuh liar di kebun bisa dibikin minuman. Selain rasanya mantap, wedang sereh juga memiliki khasiat. Terutama menurunkan kadar kolesterol dan menghindari gigitan nyamuk. Minuman sereh ini dulunya banyak dikonsumsi tentara Vietnam.

“Tentara Vietnam ketika bergerilya di hutan biasanya mengonsumsi wedang sereh untuk menghindari gigitan nyamuk,” papar Nanang Esdi Wariono,  staf TU di SMPN 2 Balongpanggang yang sudah hampir dua tahun menekuni bisnis wedang sereh. Banyak pula yang pesan dibungkus kemudian ditaruh di kulkas, sambungnya

Selain bahannya murah dan mudah, cara pembuatannya tidak terlalu susah. Pastikan dulu bahwa itu daun sereh.  Jangan sampai keliru alang-alang. Untuk membedakannya, kenali baunya. Sereh baunya wangi. Daun sereh yang sudah dibuang bonggolnya dicuci, kemudian dicampur air, tambahkan perasan jeruk nipis. Rebus hingga mendidih. Setelah itu tambahkan gula secukupnya. Setiap setengah kilogram daun sereh dicampur dengan 10 liter air dan 10 buah jeruk nipis. Wedang sereh pun siap dihidangkan.

Minuman ini tahan lama, sehingga tidak perlu menggunakan bahan pengawet Tidak hanya itu, Anda juga bisa memproduksi dalam jumlah yang banyak. Anda tak perlu khawatir overproduksi. Akan lebih menarik dan rasanya pas bila disajikan dalam sebuah cangkir minimalis atau gelas keramik, dilengkapi alat penyeduh dari daun sereh yang sudah dihias. Andapun tidak terlalu mengeluarkan banyak uang dan repot pergi ke restoran.

Disajikan hangat maupun dingin, sama enaknya. Tentu jika disajikan dingin namanya bukan lagi wedang karena wedang mengacu pada minuman hangat sampai panas. Wedang sereh kini menjadi komoditi yang mulai banyak diminati penggila kuliner. Oleh karena itu, banyak yang mulai melirik pasar lemongrass atau citronella. Anda di sela-sela kesibukan mengajar bisa mencobanya untuk dikonsumsi sendiri sekaligus untuk dijual. Usaha wedang sereh tidak terlalu banyak membutuhkan modal. Tentu ini adalah peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan lumayan besar. Nah, selamat mencoba, mumpung pelaku bisnis ini masih jarang. Siapa tahu bisa menambah penghasilan.

 

Incoming search terms:

  • wedang sereh
  • wedang sere
  • peluang usaha sampingan untuk guru
  • usaha buat guru
  • minuman anti nyamuk
  • minuman dari tanaman sereh
PRIYANDONO

About PRIYANDONO

Lahir di Rembang, 16 Oktober 1969. Lulus SPGN Rembang tahun 1988. Kemudian melanjutkan ke IKPI PGRI (sekarang UNIPA Surabaya) lulus tahun 1993. Setelah mengikuti tes CPNS 10 kali akhirnya tahun 2005 diterima sebagai CPNS di lingkungan Pemkab Gresik sebagai tenaga pendidik di SMPN 2 Baalongpanggang, Gresik. Tahun 1997 menikah dengan Rusmini, gadis desa asal kota tembakau Bojonegoro dan diakruniai dua anak, Dian Fitriani (14) dan Harum Puspitasari (10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ two = 8

Top
Penting untuk tahu:close