All for Joomla All for Webmasters

Workshop Guru Nge-Blog Paling Unik

e-learning.png

Kegiatan Guru ngeblog sekarang bukanlah kegiatan yang asing, dulu blog begitu asing bagi guru. Namun sekarang tak sedikit guru yang telah mengenal kegiatan blogging dan merasakan manfaat guru ngeblog. Sehingga sekarang banyak bermunculan blog-blog guru yang mewarnai literasi internet oleh guru.

Hal ini dikarenakan seminar-seminar guru ngeblog atau pelatihan membuat blog bagi guru juga sudah mulai digiatkan oleh organisasi-organisasi guru baik lintas guru mata pelajaran maupun lintas kementrian. Salah satunya adalah kegiatan berikut ini :

Pernah gak kamu ikut workshop di tempat umum ? nah mungkin, workshop kali ini saya anggap unik yang pernah saya lakukan selama menjadi guru berbagi di blog. Pelatihan yang biasanya dilakukan di gedung tertutup, dengan kursi empuk dan ruangan ber-AC dengan sound system yang menggema ruangan. Workshop guru nge-blog perdana di Tanjungbalai ini merupakan bentuk keinginan yang kuat dari semangat guru-guru untuk bisa berbagi dan menjadi bagian guru Go Blog. 

Guru Nge-blog Tanjungbalai
Dokumentasi Guru Nge-Blog di Tanjungbalai

Workshop yang telah beberapa kali terjadi penundaan akibat menunggu konfirmasi dari beberapa tempat  yang akhirnya gagal karena pemegang keputusan berada diluar kota untuk masa dua bulan kedepan. Belum lagi kegagalan ketika salah satu TIM guru nge-blog di mutasi ke sekolah lain sehingga semangatnya drop dan rencana guru nge-blogpun kembali pupus.

Akhirnya, pada hari Minggu tanggal 15 Juni 2014 bulan lalu workshop yang ditunggu-tunggu oleh beberapa guru terlaksana juga. Awalnya mau dilaksanakan di salah satu sekolah tetapi ketika kita berembuk dengan beberapa guru yang memiliki modem lelet, ditambah lagi guru yang belum memiliki modem akhirnya rencana kegiatan guru nge-blog di laksanakan di salah satu warnet di Tanjungbalai.

Semangat guru-guru ingin nge-blog makin bergelora ketika proposal yang dikirim bapak NaminAB Ibnu Solihin saya print dan saya berikan kepada guru di sekolah. Dengan meminta restu melalui  bapak NaminAB Ibnu Solihin mewakili KSGN acara guru nge-blog diselenggarakan di daerah kota Tanjungbalai.

Masalah selanjutnya adalah instruktur pendamping, workshop guru nge-blog membutuhkan banyak instruktur pendamping. Karena para guru langsung melakukan aktifitas nge-blog  dengan membangun sebuah blog tahap demi tahap. Guru yang doyan ngeblogpun saya hubungi via telepon akhirnya Bapak Rustian alias abu asyfa admin site smpn1 tanjungbalai, Is Made putra alias ismadi admin site www.min2tbalai.com dan Zhey D’Five selaku blogger Asahan bersedia memberikan bantuan tanpa imbalan.

Materi Workshop yang meliputi mengelola pengaturan blogspot, menulis dengan teknik dasar SEO, insert gambar dan video dan widget sebagai pernak-pernik blogger. Dan materi terakhir cara membuat soal online dengan memanfaatkan media gratisan proprofs.com dan di embed ke blog sebagai sebuah postingan. Lihat Dokumentasinya disini

Salah satu peserta Uteh Zainal yang merupakan guru MTS memberikan saran kepada saya agar kegiatan ini perlu kita lakukan rutin sehingga guru nge-blog samakin mahir dan virus guru nge-blog semakin meluas keseluruh guru di Kota Tanjungbalai. Saya menyambut baik antusias beliau dalam mendalami sebuah materi tetapi perlu di ingat nge-blog membutuhkan kesungguh-sungguhan agar bisa menjadi profesional dan Master SEO.

Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan yang turut membantu terselenggaranya acara Workshop Guru Ngeblog di Tanjungbalai atas bimbingan dan arahan dari KSGN (Komunitas Sejuta Guru Ngeblog) Pusat Bapak Namin AB Ibnu Solihin dan Omjay selaku fouder KSGN.

Terimakasih kepada rekan guru yang membantu sebagai instruktur sehingga materi workshop dapat sampai ke setiap peserta tanpa suatu kendala. Is Made Putra admin situs www.min2tbalai.com Abu Asyifa admin blog SMPN1 Tanjungbalai dan Zhey D’Five Blogger Asahan. Dengan hadirnya mereka semakin memudahkan terserapnya materi yang disampaikan kepada para peserta workshop.

Terima kasih juga kepada seluruh peserta kegiatan workshop Guru Nge-blog Tanjungbalai mudah-mudahan dapat saling berbagi melalui media sosial khususnya blogging. Tidak lupa terima kasih kepada Ka. SMKN2 Tanjungbalai yang telah memberi bantuan berupa infocuss selama kegiatan berlangsung. 

Akhirnya sampai jumpa pada workshop-workshop yang akan datang… Guru Go Blog ….

 Demikian ulasan mengenai kegiatan guru ngeblog semoga bisa menjadi inspirasi pagi guru lain atau komunitas guru untuk meramaikan dunia blog guru tanah air sehingga dari situ kita bisa menjadi kontributor atas tersebarnya ilmu-ilmu mengajar dengan cepat oleh akses internet dan tidak terbatas ruang dan waktu. Semoga acara-acara pelatihan blog guru semakin menjamur dan dipraktikkan oleh guru.

Rating:
cekgurizal

About cekgurizal

Guru yang Hobby Ngeblog Pembelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


6 × = eighteen

Top
Penting untuk tahu:close