All for Joomla All for Webmasters

Empat Standar Kompetensi Guru : 2 Pengertian Kepribadian

guru-cantik.jpg

Pada artikel yang telah lalu telah kita ulas Empat Standar Kompetensi Guru : 1 Pengertian PedagogikBapak Ibu Guru tentu pernah mendapatkan materi mengenai Empat Standar Kompetensi Guru Profesional Menurut UU, jika mengenyam pendidikan kependidikan di perguruan tinggi. Empat Standar Kompetensi Guru Profesional Menurut UU ini sangat penting dimiliki oleh seorang guru.

Apa saja Empat Standar Kompetensi Guru Profesional Menurut UU (Silakan baca : Empat Standar Kompetensi Guru Profesional Menurut UU)

Dalam artikel ini kita hanya akan membahas satu dari Empat Standar Kompetensi Guru Profesional yakni standar kompetensi guru kepribadianKompetensi guru : kepribadian adalah

 

2) Kompetensi Kepribadian
Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. Secara rinci subkompetensi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • Kepribadian yang mantap dan stabil memiliki indikator esensial: bertindak sesuai dengan norma hukum; bertindak sesuai dengan norma sosial; bangga sebagai guru; dan memiliki konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma.
  • Kepribadian yang dewasa memiliki indikator esensial: menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik dan memiliki etos kerja sebagai guru.
  • Kepribadian yang arif memiliki indikator esensial: menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemanfaatan peserta didik, sekolah, dan masyarakat serta menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak.
  • Kepribadian yang berwibawa memiliki indikator esensial: memiliki perilaku yang berpengaruh positif terhadap peserta didik dan memiliki perilaku yang disegani.
  • Akhlak mulia dan dapat menjadi teladan memiliki indikator esensial: bertindak sesuai dengan norma religius (iman dan taqwa, jujur, ikhlas, suka menolong), dan memiliki perilaku yang diteladani peserta didik.

Demikianlah pengertian kompetensi guru kepribadian, semoga dengan mengerti empat standar kompetensi guru anda menjadi guru yang profesional sehingga bisa mendapat sertifikasi guru, untuk kompetensi guru pedagogoik silakan buka : Empat Standar Kompetensi Guru : 1 Pengertian Pedagogik

Rating:
guruorid

About guruorid

Tim Redaksi guru.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 1 = zero

Top
Penting untuk tahu:close