Tujuan Asesmen Nasional untuk Pemetaan Mutu Pendidikan

tujuan assesmen nasional

JAKARTA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan asesmen nasional akan dilakukan untuk pemetaan mutu pendidikan di Indonesia. Ujian berbentuk Asesmen nasional ini tidak akan digunakan untuk mengukur prestasi siswa.

Banyak orang tua mulai mencari kisi-kisi AKM, namun sebenarnya apa tujuan Asesmen Nasional

“Hasil asesmen nasional tidak digunakan untuk menilai prestasi peserta didik, tapi untuk menilai satuan pendidikan,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (PAUD Dasmen) Kemendikbud, Jumeri dalam diskusi daring di SMA Pradita Dirgantara, Kamis (14/1/2021).

Asesmen nasional akan mulai diselenggarakan mulai tahun 2021 ini. Ia menegaskan, asesmen nasional bukanlah pengganti UN melainkan sebuah sistem asesmen yang menilai kondisi pendidikan di Indonesia secara menyeluruh.

Jumeri menjelaskan, asesmen nasional mempunyai tiga komponen. Yakni, Komponen pertama, asesmen kompetensi minimum (AKM) yakni untuk mengukur kemampuan peserta didik secara kognitif dari sisi numerasi dan literasi membaca. “Mengapa dua hal ini? Ini penting untuk menuntun anak-anak kita punya kemampuan mengembangkan keilmuannya,” ujar Jumeri.

Lalu, asesmen nasional akan melakukan survei karakter. Survei dilakukan untuk mengukur sikap kebiasaan dan nilai-nilai siswa. Ia mengatakan, asesmen nasional ini adalah sistem penilaian yang dilakukan secara holistik terhadap siswa.

“Kognitifnya diukur, nilai-nilai karakternya seperti apa, lingkungan belajarnya seperti apa. Dengan asesmen nasional khususnya survei karakter, kita akan bisa membaca kecenderungan peserta didik di satuan pendidikan di sebuah wilayah,” jelasnya.

Bahkan, lanjut dia asesmen nasional juga akan mendeteksi lingkungan belajar siswa. Melalui asesmen nasional akan terlihat apakah di sekolah tersebut banyak terjadi perundungan atau tidak. Bahkan Siswa, guru, dan kepala sekolah akan mengisi survei terkait lingkungan belajar ini.

Selanjutnya, hasil asesmen nasional nanti akan digunakan sebagai masukan untuk sekolah. Jumeri menjelaskan, jika hasil kognitifnya rendah maka Kemendikbud bisa memberi saran kepada sekolah untuk mengambil jalan keluar.

“Hal ini dilaksanakan di kelas tengah dengan harapan sekolah masih bisa memperbaiki paling tidak setahun belajarnya siswa,” ujar dia.